BERBAGI
Polres Tanjungpinang menanam 1.300 bibit pohon di lingkungan asrama Polri, Jumat (10/1). (Istimewa)

TANJUNGPINANG, Warta Nasional – Polres Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) menanam 1.300 bibit tanaman pohon berbuah dan tahan lama untuk penghijauan di lingkungan asrama Polri di kilometer 8, Jumat (10/1).

Penanaman pohon ini merupakan program Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang digelar serentak hingga ke satuan Polres seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini didukung penuh oleh forum koordinasi pimpinan daerah seperti Wali Kota, Camat, Lurah, TNI hingga masyarakat,” kata Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal.

Menurut Iqbal, penanaman pohon merupakan salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup, tujuannya agar bumi dapat terhindar dari kerusakan alam maupun bencana.

Dia mengimbau penanaman pohon seperti ini harus digalakkan sejak dini oleh berbagai pihak terkait, tak terkecuali masyarakat.

“Anak-anak harus kita biasakan menanam pohon sejak kecil, agar mereka bisa mencintai lingkungan hidup di sekelilingnya,” imbuhnya.

Sementara, Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul menyampaikan pemkot siap bersinergi dengan kepolisian di Tanjungpinang untuk melaksanakan aksi nyata berupa penanaman pohon.

Dikatakannya, ke depan pihaknya juga memiliki program untuk memberikan pemahaman pentingnya menanam pohon ke sekolah-sekolah mulai dari TK, SD, SMP hingga ke SMA.

“Kita pun akan melibatkan mereka melakukan aksi nyata menanam secara rutin tiap tahunnya,” ucap Syahrul.

Lebih lanjut, dia menyebut bahwa menjaga lingkungan sudah menjadi kewajiban manusia. Dengan menanam pohon, berarti manusia telah mensyukuri nikmat dan titipan Allah SWT.

“Harus kita ketahui, tanam pohon hari ini manfaatnya akan dirasakan 10-20 tahun ke depan oleh anak cucu kita,” tuturnya. (Ant/WN)