BERBAGI
BMKG (Foto: Ist)

PURWOKERTO, Warta Nasional – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Jumat (17/1).

“Menurut prakiraan cuaca, wilayah Banyumas berpotensi hujan ringan hingga sedang pada esok hari,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie ketika dihubungi dari Banyumas, Kamis.

Dia mengatakan, potensi hujan terdapat di seluruh kecamatan yang ada di wilayah Banyumas.

“Hampir seluruh kecamatan yang ada di Banyumas berpotensi hujan sedang, kecuali Kecamatan Pekuncen yang hanya berpotensi hujan ringan,” katanya.

Dia menambahkan, potensi hujan di wilayah tersebut meningkat pada sore hingga malam hari.

“Sementara pada pagi dan siang hari kondisi cuaca diprakirakan cerah berawan namun pada sore hingga malam hari potensi hujan meningkat,” katanya

Dia menjelaskan, pihaknya terus mengintensifkan sosialisasi mengenai prakiraan cuaca kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat di wilayah setempat.

Tujuannya, kata dia, guna mendukung kesiapsiagaan dan pengurangan risiko atau mitigasi bencana di tengah masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi yang intensif akan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan kesadaran masyarakat. Masyarakat juga dapat terus mengikuti informasi terkini mengenai informasi cuaca melalui akun-akun media sosial resmi milik BMKG,” katanya.

Sementara itu, dia kembali mengingatkan bahwa potensi cuaca ekstrem diprakirakan akan terus meningkat mengingat puncak musim hujan akan berlangsung pada Januari hingga Februari.

“Masyarakat agar mewaspadai hujan dengan durasi yang lama dan dengan intensitas yang tinggi karena dikhawatirkan dapat memicu bencana seperti banjir, longsor, dan juga angin kencang, tidak perlu panik namun agar tetap waspada,” katanya. (Ant/WN)