BERBAGI
Anggota Fraksi PKB DPRD Kota Semarang (Dok.WN)

SEMARANG, Warta Nasional – Kalangan Anggota DPRD Kota Semarang menilai suasana kemeriahan jelang pesta demokrasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwalkot) di Kota Semarang tahun 2020 nampaknya masih landai.

Berbeda dengan gaung Pilkada di beberapa daerah lain, beberapa partai politik di Kota Semarang belum menentukan sikap akan mengusung petahana maupun berkoalisi memunculkan nama baru.

Salah satunya, Partai Kebangkitan Bangsa Kota Semarang yang belum menentukan arah politik untuk Pilkada Semarang 2020.

Ditemui Berita Jateng, Juan Rama Soemarmo, Anggota Fraksi PKB Kota Semarang mengatakan, PKB masih melihat kondisi politik Kota Semarang.

Menurutnya, saat ini kondisi politik di Kota Semarang masih cukup landai dan belum banyak pergerakan dari partai-partai.

“PKB masih melihat peta politik Kota Semarang dan masih menunggu instruksi DPP dan DPW,” tutur Juan yang juga merupakan anggota Komisi B DPRD Kota Semarang, Minggu (19/01).

Dikatakannya, PKB belum dapat memutuskan akan mengusung atau mendukung seorang calon. Jika nantinya mengusung calon, PKB pun siap mewarnai kontestasi politik.

Hanya saja, saat ini PKB hanya memiliki empat kursi parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang. Untuk itu, PKB harus berkoalisi dengan partai lain.

“DPW dan DPP akan membuat semacam survei melihat peta politik saat ini. Itu pun harus menentukan sikap dengan partai lain untuk koalisi karena PKB hanya memiliki 4 kursi di DPRD. Untuk menumbuhkan demokrasi, harapannya ada sosok nama baru yang bisa diusung agar petahana tidak melawan kotak kosong,” kata Juan.

Di sisi lain, Juan mengakui, prestasi petahana Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) sangat bagus dalam memajukan Kota Semarang.

“Kalau partai lain semangat untuk bisa sama-sama maju menumbuhkan demokrasi, kami siap.

Cuma kami harus lebih berhati-hati. Saya apresiasi Mas Hendi memang cukup bagus memajukan kota ini,” ujarnya. (El)