BERBAGI
Mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) menggelar aksi bersih pantai di Pelabuhan Lagon Bajak, Kelurahan Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, pada Jumat (31/01/20) (WN/UIN)

JEPARA, Warta Nasional – Mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) menggelar aksi bersih pantai di Pelabuhan Lagon Bajak, Kelurahan Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, pada Jumat (31/01/20).

Kegiatan yang dimulai pukul 07.00-11.00 tersebut di inisiasi oleh posko 76 KKN MIT UIN Walisongo. Melalui program “Jumat Bersih” mahasiswa bekerjasama dengan pemuda, warga, dan salah satu petugas pelabuhan bergotong royong membersihkan pantai.

Program bersih pantai menjadi salah satu kegiatan KKN, sebagai wujud kesadaran akan pentingnya menjaga laut dari sampah untuk menyelamatkan ekosistem laut dan pesisir. Juga guna menjaga keindahan pantai sebagai objek wisata.

Sebagian besar sampah merupakan plastik yang sulit terurai, ada juga sampah dedaunan dan batang pohon. Sampah-sampah ini biasanya terbawa oleh ombak sehingga sampai di bibir pantai. Dari kegiatan tersebut terkumpul kurang lebih 30 kantong trashbag sampah.

Koordinator Desa (Kordes), Ainun Najih, berharap dengan adanya kegiatan bersih pantai, warga mampu meningkatkan semangat kebersamaan dengan gotong royong dan mampu menjaga ekosistem pantai, sehingga mampu menarik wisatawan agar lebih betah ketika berkunjung ke pantai.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini (bersih pantai) bisa meningkatkan semangat gotong royong warga dalam menjaga ekosistem pantai dan wisatawan pun akan lebih betah ketika berkunjung” ungkapnya.

Didi, salah seorang warga yang mengikuti kegiatan bersih pantai, mengaku senang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Sebab dia bisa lebih dekat menjalin komunikasi dengan masiswa KKN.

“Senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih pantai, juga bisa lebih mengakrabkan antara mahasiswa dengan warga” tuturnya.

Sementara petugas pelabuhan Legon Bajak, Kelurahan Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Fahrul mengapresiasi terhadap kegiatan kelompok KKN MIT UIN Walisongo posko 76.

Sedangkan koordinator program “Jumat Bersih” Jajang Muhariyansah, menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang sudah mensuport kegiatan bersih pantai pada “Jumat Bersih” minggu ini. (WN-008)