BERBAGI
Pengasuh Ponpes Tebu Ireng Jombang, KH. Solahuddin Wahid (Ist)

SEMARANG, Warta Nasional – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang turut berduka atas meninggalnya salah satu tokoh bangsa, KH. Solahuddin Wahid. Pria yang akrab disapa Gus Sholah menghembuskan nafas terakhir di RS Harapan Kita, Ahad (2/2/2020) pukul 20.59 WIB.

Rektor UIN Walisongo Prof Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya tokoh Nahdlatul Ulama ini.

Gus Sholah dikenal akan keistiqomahannya dalam merawat republik. Perjuangan Gus Sholah sarat akan nilai kebangsaan, dan perjuangan panjangnya terhadap isu-isu hak asasi manusia.
“Beliau dikenal akan kejujurannya dan keadilannya,” kenang Imam Taufiq, Senin (3/2/2020).

Ditambahkan rektor, kiprah Gus Sholah dalam mewawat republik salah satunya diwujudkan dalam pembelaannya terhadap isu-isu kemanusiaan. Almarhum juga tidak pernah lelah untuk berjuang, meski kerapkali dikritik, dibully dan sebagainya.

“Beliau ingin agar masyarakat Indonesia bermartabat,” tambahnya.

Selain hal itu, Gus Sholah juga dikenang sebagai tokoh yang tidak ikut pada arus gerakan mainstream. Beliau memegang teguh pada nilai-nilai kebenaran.

“Indonesia harusnya belajar ke Gus Sholah dalam mengawal nilai-nilai yang tergerus di tengah kondisi perpolitikan dan kepentingan tertentu,” tambahnya. (WN/UIN)

Editor : Tri Wahyu