BERBAGI
Objek wisata pantai pasir putih di Kabupaten Pulau Morotai (Istimewa)

TERNATE, Warta Nasional – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) menyediakan kapal melayani rute pelabuhan Daruba – Dodola, dalam upaya meningkatkan pengembangan sektor pariwisata di kabupaten itu.

“Memang, ada bantuan satu unit KM Dodola Ekpress dari Kementerian Desa (Kemendes) dan dimanfaatan untuk melayani para wisatawan akan ke destinasi wisata Pulau Dodola,” kata Kadis Pariwisata Pulau Morotai, Ida Arsad di Ternate, Senin.

Dia menyatakan, untuk rute atau jadwal beroperasinya KM Dodola Ekpress khususnya di hari reguler yaitu Sabtu dan Minggu dari Daruba ke Dodola pukul 10.00 Wit, dan Dodola ke Daruba pukul 17.00 Wit, dengan harga tiket perorang luar dari karcis masuk di Pulau Dodola Rp50.000 rupiah.

Menurutnya, KM Dodola Ekpress ini tidak hanya beroperasi pada jadwal yang sudah ditetapkan, namun, kapal tersebut juga akan beroperasi pada hari biasanya yaitu, Senin sampai Jumat dengan biaya tiket lebih murah per orang Rp 30.000 rupiah, jika dibandingkan dengan harga tiket reguler lebih mahal per orang Rp 50.000.

KM Dodola Ekpress ini untuk pengunjung ke objek wisata Pulau Dodola akan memberikan kenyamanan dan keselamatan penumpang selama perjalanan ke Dodola juga telah disediakan life jacket sebanyak 50 buah sesuai dengan banyak tempat duduk penumpang.

Dia berharap kepada penumpang agar menjaga fasilitas yang tersedia dalam KM. Dodola Express, serta berada di Pulau Dodola.

Ditanya apakah KM Dodola Ekpress ini bisa di carter, dirinya mengaku bisa. Namun, biaya carteran kapal itu belum mengetahuinya pasti.

Sementara, Kepala Pengelola Kawasan Pulau Dodola, Amir Heuvelman mengakui, untuk total biaya carter KM. Dodola Ekpress ini di luar dari hari reguler Rp500 ribu sampai Rp600 ribu, namun belum paten karena akan dilihat lagi perkembangan dan kunjungan wisatawan ke Pulau Morotai. (Ant/WN)