BERBAGI
Ketua DPD BMI Jateng Dr H Alwin Basri MM MIkom (Kanan) dan Ketua DPR RI Maharani (Foto : Dok.WN)

SEMARANG, Warta Nasional – Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah, Dr Ir H Alwin Basri, MM, MIkom, mengapresiasi atas Gelar Doktor Honoris Causa (HC) bidang kebudayaan dan kebijakan pembangunan manusia yang diterima Ketua DPR, Puan Maharani.

Menurutnya, Puan Maharani layak menerima gelar tersebut karena atas dedikasi dalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan manusia dan kebudayaan.

“Semoga dengan diberikannya gelar kehormatan kepada ibu puan, semakin menginspirasi banyak pihak. Terutama untuk lebih fokus dalam pembangunan manusia dan kebudayaan di Indonesia,” kata Alwin Basri Kepada Wartanasional.com di Semarang, Jum’at (14/02).

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan ini menyampaikan, ketika menjabat menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan Indonesia, Puan Maharani sukses dalam upaya-upaya strategis yang kemudian menghasilkan tren positif pembangunan di Indonesia.

“Selama beliau menjabat sebagai Menko PMK, angka kemiskinan turun, pengangguran turun, gini ratio turun. Di sisi lain indeks pembangunan manusia meningkat berkala.

Sementara itu, Wakil rektor bidang akademik dan kemahasiswaan Undip Semarang Prof Dr Budi Setiyono , S.Sos, M.Pol. Admin, Ph.D mengatakan penganugerahan gelar kepada putri presiden RI kelima , Megawati Soekarnoputri itu dijadwalkan akan berlangsung di Gedung Prof Sudarto Undip Tembalang Semarang, Jum’at (14/2).

“Penganugerahan gelar doktor honoris causa dilakukan dalam sidang terbuka senat akademik Undip dengan agenda tunggal, yakni penganugerahan gelar Dr HC itu,” ujarnya.

Menurutnya, Ibu Puan mendapat gelar kehormatan dalam bidang kebudayaan dan kebijakan pembangunan manusia, sebelum menerima gelar Dr HC , akan menyampaikan pidato pengukuhan di depan sidang senat itu.

Judul pidato pengukuhan, lanjutnya, adalah Kebudayaan Sebagai Landasan Utama Membangun Indonesia Berpancasila Menuju Era Masyarakat 5.0.Prosesi pengukuhannya akan dimulai pukul 13.00 WIB .

Dia menambahkan,sebelum pidato pengukuhan akan dibacakan SK Rektor Undip Semarang tentang penganugerahan gelar doktor honoris causa kepada Puan Maharani. Setelah pidato pengukuhan , ujarnya, sebagaimana jadwal acara yang tercantum dalam undangan, dilakukan penyerahan piagam gelar Dr HC .

Sebelum menjabat ketua DPR RI, Puan lulusan komunikasi massa Universitas Indonesia ini menekuni dunia politik hingga menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dan menjadi menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan Indonesia. (WN-008)

Editor : Hanifah