BERBAGI
Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Padjajaran (Unpad) Komisariat Daerah (Komda) Banten Edi Ariadi bersama pengurus IKA Unpad Banten saat menyerahkan bantuan bedah rumah kepada Mak Ati warga Desa Pasir Barat Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang (Istimewa)

TANGERANG, Warta Nasional – Mak Ati yang sebatang kara dan menepati gubuk reot selama puluhan tahun akhirnya dapat merasakan nikmatnya hidup di rumah berlantai keramik dan berdinding tembok.

Gubuk reot Mak Ati di Desa Pasir Barat Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang disulap menjadi rumah yang nyaman dalam kegiatan sosial, bedah rumah program dari Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Padjajaran (Unpad) Komisariat Daerah (Komda) Banten.

Ketua Umum IKA Unpad Komda Banten, Edi Ariadi dalam peresemian sekaligus penyerahan kunci kepada Mak Ati, di Tangerang Sabtu (15/2) mengungkapkan, bedah rumah dilakukan setelah adanya informasi resmi dari masyarakat.

“Beberapa bulan lalu, IKA Unpad Komda Banten mendapatkan proposal mengenai kondisi rumah milik Mak Ati yang memang sudah tidak layak huni. Kondisinya adalah gubuk reot, kalau hujan atapnya pada bocor. Dan dindingnya dari kayu, sudah sangat rapuh,” katanya.

Dikatakan Edi yang juga Walikota Cilegon ini, setelah mendapatkan proposal kondisi kediaman Mak Ati, IKA Unpad selanjutnya membentuk tim guna melihat secara langsung.

“Kami bergerak, dan faktanya sesuai dengan proposal kemudian kami langsung mengumpulkan sumbangan dari para alumi,” katanya.

Tak hanya itu saja, IKA Unpad Komda Banten dalam membedah rumah Mak Ati mencoba mencarikan dana Corporate Sosial Responsibilty (CSR) dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang.

“Alhamdulillah kami dapat juga CSR dari Bank Jabar Banten (BJB), Pemkab Tangerang dan saat ini perwakilan dari Pemkab Tangerang, Asisten Daerah I, Bapak Heri Herianto turut hadir. Jadi kami memberikan rumah layak huni berikut isinya, lengkap. Kami juga turut mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu sehingga bedah rumah ini berjalan sukses,” kata Edi seraya mengungkapksn rasa terima kasihnya kepada pengurus IKA Unpad Pusat, DR Tini SH yang hadir dan tak henti-hentinya memberikan semangat.

Senada diungkapkan oleh Sekretaris Umum IKA Unpad Komda Banten, Gelar Suprijadi dan Bendahara IKA Unpad Komda Banten, Dini Listiandini. Kegiatan sosial yang sudah dilakukan bukan hanya bedah rumah Mak Ati, namun ada juga pemberian santuan kepada fakir miskin, anak yatim dan masyarakat terkena musibah.

“Sebelumnya kami juga sudah bergerak memberikan bantuan banjir bandang di Kabupaten Lebak. Dan untuk bedah rumah Mak Ati sudah kami mulai pembangunanya sejak Oktober tahun 2019 lalu,” katanya.

Adapun bantuan lainnya kepada Mak Ati dari IKA Unpad Komda Banten, BJB Cabang Balaraja adalah berupa kursi tamu, meja makan, rak televisi, 2 buah tempat tidur, dua buah lemari pakaian, rak jemuran, rak piring,TV flat 32 inc, kompor gas berikut tabung, kipas angin, dan tempat memasak nasi listrik.

“Alhamdulillah berkat bantuan kita semua dan ridho Allah SWT, bedah rumah berikut isinya berjalan sukses. Semoga kegiatan-kegiatan ini terus dapat kita lanjutkan. Yang terpenting lagi, Mak Ati sudah tidak kehujanan dan kedinginan lagi, karena rumahnya sekarang sudah sangat layak untuk ditempati,” kata Gelar yang merupakan pejabat eselon III Pemprov Banten ini.

Turut hadir dalam acara persemian bedah rumah Mak Ati, Manager Operasional BJB Balaraja Temmy Syahbana, Camat Jambe, Kepala Desa Pasir Barat, serta puluhan masyarakat yang menyambut suka cita program sosial IKA Unpad Komda Banten. (Ant/WN)