BERBAGI
Bambang Sadono saat peluncuran buku dan lomba baca sajak Piala Bambang Sadono (Dok.WN)

SEMARANG, Warta Nasional – Tabloid Jawa Tengah, bekerjasama dengan Penerbit Citra, akan meluncurkan buku “100 Tokoh Inspirasi Jawa Tengah”, yang disusun oleh wartawan dan politisi senior Bambang Sadono.

Para tokoh yang dimuat dalam buku ini mulai dari Presiden Joko Widodo, beberapa orang menteri asal Jawa Tengah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua DPRD Bambang Kusriyanto, para tokoh pengusaha asal Jawa Tengah seperti Michael Bambang Hartono, SD Darmono, ulama seperti KH Mustofa Bisri atau Gus Mus, seniman seperti dalang Manteb Sudarsono, para bupati/walikota, dan lain-lain.

Rencana buku 494 halaman ini akan diluncurkan diluncurkan Minggu 1 Maret 2020, pukul 12.00 di Hotel Semesta Semarang, bersamaan dengan Sosialiasi Empat Pilar MPR melalui seni budaya, yang antara lain akan dihadiri oleh Sekjen MPR RI Maruf Cahyono, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin, dan para tokoh yang lain .

“Selain undangan lain, 100 tokoh yang masuk dalam buku tersebut akan kami undang,” kata Eko Laksanto dari Penerbit Citra.

Bambang Sadono dalam kata pengantar menulis buku yang mengungkapkan buku ini berusaha menggali sisi sisi keuletan dan kegigihan perjuangan para tokoh, sehingga selain berprestasi juga mempunyai karakter yang layak diteladani.

“Kita membutuhkan teladan atau contoh. Persoalannya siapa yang harus menjadi contoh, dan siapakah yang sadar untuk memberikan contoh. Kita memang punya tokoh hebat seperti Bung Karno, Bung Hatta dan Pak Harto. Bukan hanya mereka punya karakter diatas rata-rata, melainkan lingkungan juga menggembleng mereka untuk menjadi orang hebat.”

Selain menjadi salah satu motivasi, penerbitan buku ini juga diharapkan bisa menjadi alternatif untuk memberikan semangat.

“Ada pengalaman yang bisa ditiru, ada kiat menyiasati hidup dan merintis karir dari para tokoh-tokoh tersebut yang bisa diteladani ” tulisnya.

Dalam acara peluncuran tersebut, juga akan dilakukan penyerahan buku kepada wakil siswa SMA/SMP, dan perpustakaan yang ada di Kota Semarang. (WN – 008)