Tim SAR gabungan saat melakukan penyisiran di Kawasan Segara Anakan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (13-3-2020), guna mencari penjaring ikan yang diduga tenggelam di Kali Tegong Sajar.(Istimewa)

CILACAP, Warta Nasional – Seorang penjaring ikan diduga tenggelam di Kali Tegong Sajar, Kawasan Segara Anakan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya.

“Berdasarkan informasi yang kami terima pada pukul 08.40 WIB dari Pak Suranto (51), warga Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah, ada salah seorang warganya diduga hilang akibat tenggelam di Kali Tegong Sajar,” katanya di Cilacap, Jumat.

Ia menyebut korban bernama Kuswadi (51), warga Kelurahan Kutawaru RT 01 RW 06, diketahui sedang menjaring ikan di Kali Tegong Sajar, Kawasan Segara Anakan, dengan menggunakan perahu jukung katir pada hari Jumat (13/3) pukul 04.00 WIB.

Akan tetapi, perahu korban terbalik sehingga korban terjatuh ke sungai dan keberadaanya belum ditemukan.

Mengetahui berita tersebut, pihaknya langsung memberangkatkan satu tim dari Basarnas KPP Cilacap beserta peralatan lengkap, seperti rubber boat, tabung selam, dan peralatan pertolongan di air lainnya untuk bergabung bersama potensi SAR yang telah berada di sekitar lokasi kejadian guna mencari korban.

Ia mengatakan bahwsa operasi SAR pada hari Jumat (13/3) dengan cara penyisiran di sekitar lokasi kejadian.

“Kalau memungkinkan, kami akan melakukan penyelaman dengan alat selam lengkap yang sudah kita siapkan,” katanya.

Menurut dia, operasi SAR tersebut melibatkan personel Basarnas KPP Cilacap, Polsek Cilacap Tengah, Koramil, Satuan Polisi Perairan Polres Cilacap, Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap, Cilacap Rescue, RAPI Cilacap, PMI Cilacap, Banser, MTA Cilacap, dan dibantu masyarakat sekitar. (Ant/WN)