BERBAGI
Pesonel Polres Mamberamo Tengah berpose bersama para tim kesehatan RSUD Lukas Enembe usai sosialisasi pencegahan virus corona di Aula Wira Satya Pradhana Mapolres, di Kobakma, Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua. (Istimewa)

JAYAPURA, Warta Nasional – Polres Mamberamo Tengah menggandeng tim kesehatan RSUD Luka Enembe untuk mensosialisasikan pencegahan virus corona (COVID-19) kepada personelnya di Aula Wira Satya Pradhana Mapolres, di Kobakma, Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua,Jumat.

Kabag OPS Polres Mamberamo Tengah AKP Yosep Tato mengatakan kegiatan itu untuk sosialisasikan tentang cara mencegah dan menghindari penularan virus corona kepada personel TNI-Polri yang ada di Kobakma, Mamberamo Tengah.

“Kami juga selaku aparat keamanan yang ada di Kabupaten ini siap untuk membantu apabila tim kesehatan akan melakukan sosialisasi cara pencegahan virus corona kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Mamberamo Tengah,” katanya.

“Kami juga telah meminta kepada pemerintah daerah untuk membentuk tim terpadu guna melakukan sosialisasi dalam penanganan dan pencegahan penularan COVID-19 di Kabupaten Mamberamo Tengah,” kata Yosep.

Dokter Stela Silaban dari tim kesehatan RSUD Lukas Enembe menjelaskan tentang cara menghindari penularan virus corona dengan cara mencuci tangan menggunakan antiseptic, menggunakan masker yang benar, serta etika batuk yang benar.

“Selain pencegahan yang kita lakukan tersebut, juga diharapkan melakukan pola hidup baik di lingkungan tempat kita tinggal maupun di ruang perkantoran dimana kita bekerja,” katanya.

Menurut dia, bersih-bersih lingkungan yang dilakukan dapat memperkecil penyebaran virus tersebut, termasuk menghindari berpergian ke daerah-daerah yang telah terdapat pasien terjangkit virus corona.

“Hindari melakukan aktivitas yang ramai dan lebih baik mencegah dengan berdiam diri di rumah, apabila tidak ada aktivitas yang sangat penting di luar rumah,” katanya.

“Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga kita dapat mengurangi penularan virus baik di rumah maupun di kantor,” katanya lagi.

Di akhir sosialisasi itu, juga digelar simulasi mencuci tangan dan penggunaan masker yang baik dan benar oleh tim kesehatan. (Ant/WN)