Sukbaturrohmah saat memagikan Jus Buah Gratis kepada masyarakat (WN)

SEMARANG, Warta Nasional – Wirausahawan muda pedagang buah di Jalan Hos Cokroaminoto, Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang dengan murah hati menyisihkan buah dagangannya yang masih segar untuk dibuat jus kemudian dibagi-bagi ke warga secara gratis.

Hal itu dilakukan bukan berarti jualan buahnya tidak laku, namun justru omset jualan buahnya naik setiap minggunya wirausahawan muda itu terinspirasi ingin berbagi kepada sesama sebagai bentuk rasa syukur dan ingin berbagi kasih terhadap sesama.

Sedikitnya jus yang dibagikan secara cuma-cuma itu 30-50 cup. Dan uniknya, itu rutin setiap hari dibagikan. Sasarannya orang-orang yang baru turun dari angkot, ojek online atau warga yang ada di sekitar terminal sisemut Ungaran.

“Ini jus saya bagikan gratis setiap hari, saya ikhlas ingin berbagi karena saya pikir mereka juga butuh nutrisi untuk tubuh dan hanya ini yang bisa saya lakukan untuk berbagi kepada sesama,” kata Sukbaturrohmah, Wirausahawan muda pedagang buah asal Purworejo kepada wartanasional.com, Rabu (8/4) kemarin.

Lebih lanjut Rohmah (25) sapaan akrab pedagang buah tersebut mengatakan, apalagi ditengah masa pandemi wabah covid-19, mengkonsumsi jus buah sangat dianjurkan karena dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin, kalsium dan gizi tambahan lainnya yang baik untuk tubuh dan juga meningkatkan daya imun menjadi lebih kuat.

Rencananya kegiatan bagi-bagi jus gratis ini akan berlanjut sampai nanti di Bulan Ramadhan, sehingga saya lebih semangat dalam menjalani Ibadah Puasa.

“Buah itu sangat banyak manfaatnya jadi kita perlu nutrisi untuk menjaga kesehatan dan kebutuhan tubuh kita, saya bersyukur bisa makan buah setiap hari makanya saya bagi-bagi jus dan rencana ini terus sampai nanti Bulan Puasa,” imbuhnya.

Wirausahawan muda itu, tidak hanya cantik dan pintar berdagang tetapi juga aktifis organisasi yang mempunyai banyak talenta dan berjiwa sosial yang tinggi.

Dirinya menjelaskan, ditengah wabah pandemi covid-19 dalam sehari omset yang di dapat dari berjualan buah itu bisa mencapai satu juta rupiah dalam kurun waktu satu bulan sejak baru membuka usahanya.

Meskipun harga buah saat ini ada beberapa yang naik lantaran permintaan yang tinggi. Namun hal itu tidak membuat jera warga untuk tidak mengkonsumsi buah-buahan.

“Setiap minggu alhamdulillah omsetnya bertambah terus, banyak warga yang berburu buah-buahan meski ada yang harganya naik seperti buah naga, alpukat dan jambu tetapi kami jual dengan harga pasaran sehingga buahnya cepat habis dan baru terus,” ungkap Rohmah.

Untuk itu, dia berharap semoga dengan kepedulian yang dilakukannya bisa menjadikan keberkahan dalam hidup salah satunya menjalani usaha yang dirintisnya. Selain itu, juga sebagai bentuk sosialisasi kepada warga bahwa ada pedagang buah yang murah di depan terminal sisemut Ungaran.

“Selain ingin berbagi, juga salah satunya sosialisasi karena saya pedagang baru, tapi bukan semata-mata ingin memamerkan itu tidak. Intinya, kami ingin berbagi kepada warga itu saja,” pungkasnya. (WN-007)