BERBAGI
Aji Sofanudin, Pengurus KAHMI Jawa Tengah 2018-2023

Oleh : Aji Sofanudin

Ketika menjadi panitia pemilu, saya mendapat jatah kaos KPU dengan tagline yang lugas, Pemilu 2004 Beda..!! Beda karena kali pertama pemilu luber jurdil dilakukan, presiden dipilih langsung oleh rakyat. Nampaknya tagline KPU 2004 akan berulang dalam suasana Idul Fitri 1441 H. Lebaran 2020 Beda..!! Lebaran virtual karena Covid-19.

Moment lebaran adalah moment istimewa dan berkesan, terutama mudik. Pemerintah sudah melarang mudik. Bagaimana dengan sholat Idul Fitri 1441 H..? Pemerintah melalui SE Kemenag Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1441 H di Tengah Pandemi Wabah Covid 19 menggariskan “pelaksanaan salat Idul Fitri yang lazimnya dilaksanakan secara berjamaah, baik di masjid atau di lapangan ditiadakan, untuk itu diharapkan terbitnya Fatwa MUI menjelang waktunya”.

Kemudian terbitlah Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Pandemi Covid 19. Meskipun bersifat optional pada dasarnya fatwa memberikan panduan untuk sholat Idul Fitri di rumah. PP Muhammadiyah melalui edaran Nomor 02/EDR/I.0/E/2020 tentang Tuntunan Ibadah dalam Kondisi Darurat Covid 19 dan SE Nomor 03/EDR/I.0/E/2020 terlihat lebih firm dengan anjuran sholat Idul Fitri di rumah. Bahkan ada larangan untuk tidak menjadi Imam/Khatib/Menyelenggarakan Sholat Idul Fitri di Lapangan/Masjid/Musholla.

Lebaran 2020, Beda…!!

Sholat Idul Fitri memang istimewa bagi setiap muslim. Ada yang bilang: sholat Idul Fitri itu hanya sunnah (anjuran) dan tidak ada sanksi-agama bagi yang meninggalkannya. Itu ajaran agama, fakta sosialnya tidak begitu.

Magnet sholat Idul Fitri itu sangat besar. Ibadah ini bersifat tahunan sehingga tidak hanya diikuti oleh santri (meminjam istilah Geertz), tetapi juga oleh kaum abangan dan priyayi. Bahkan juga diikuti oleh Tangklukan (istilah A. Syafi’i Mufid).

Meskipun secara agama sunnah muakkadah namun realitas sosial Sholat Idul Fitri itu seolah “wajib” bagi setiap muslim; yang taat, setengah taat ataupun tidak taat.Sholat Idul Fitri adalah soal eksistensi umat Muslim.

Prediksi saya, tetap akan banyak masjid yang menggelar pelaksaan sholat Idul Fitri 1441 H dengan berbagai pertimbangan. Narasi yang dibangun bisa sebagai berikut. Berdasarkan Fatwa MUI, SE Kepala Daerah dan hasil rapat pengurus takmir diputuskan sebagai berikut bahwa (1) menghimbau untuk jamaah agar sholat Idul Fitri 1441 H di rumah masing-masing, (2) masjid tetap memfasilitasi penyelenggaran sholat idul fitri 1441 H dengan protokol kesehatan yang ketat. Narasi ini akan lebih diterima, apalagi faktual banyak keluarga mengalami kesulitan sholat Idul Fitri mandiri.

Dilihat dari sisi ekonomi (infaq/shodaqoh) pelaksanaan sholat Idul Fitri terasa istimewa. Tanpa bermaksud membandingkan, mafhum bahwa magnet ekonomi pelaksanaan Sholat Idul Fitri paling besar dibandingkan dengan pelaksanaan ibadah yang lain. Ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi penyelenggara.

Bagi sy sendiri, Lebaran 2020 itu beda. Isteri di kota, saya sendiri di kampung. Tapi saya bahagia, maklum rumah saya banyak, hehe. Selamat Lebaran Virtual di Masa Covid 19.

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri 1441 H.

– Aji Sofanudin, Pengurus KAHMI Jawa Tengah 2018-2023