BERBAGI
Muchamad Hafidin Faqih

Oleh : Muchamad Hafidin Faqih

Analisis SWOT adalah sebuah analisa yang dicetuskan oleh albert humprey pada dasawarsa 1960-1970 an. Analisa ini merupakan sebuah akronim dari huruf awalnya yaitu strenghts (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunity ( peluang), dan threat (ancaman).

Metode analisa SWOT bisa dianggap sebagai metode analisa yang paling dasar, yang berguna untuk melihat suatu topik atau permasalahan dari empat sisi yang berbeda. Hasil analisa biasanya adalah arahan atau rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan menghindari ancaman. Jika digunakan dengan benar, analisa swot akan membantu kita untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini.

Menurut Agung Setiadi 2003 parkir merupakan kegiatan atau menyimpan kendaraan bermotor disebuah tempat yang sudah disediakan. Parkir sangat penting dalam setiap elemen transportasi dan keberadaannya tidak dapat dianggap mudah. Hal ini berdasarkan suatu kenyataan bahwa suatu kendaraan tidaklah mungkin berjalan terus atau tidak berhenti. Sedangkan menurut undang-undang RI no. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, parkir adalah kendaraan berhenti atau tidak berhenti atau tidak bergerak beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya.

Jalan yang dimaksud adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori dan jalan kabel. Sedangkan jalan umum adalah jalan yang diperuntukkan bagi lalu lintas umum.

Sering kita melihat bagaimana di sepanjang jalan pedesaan maupun perkotaan yang sebenarnya bukan tempat parkir malah dipakai untuk parkir kendaraan. Biasanya hal seperti itu terjadi apabila si pemilik rumah tidak memiliki lahan parkir sendiri dirumahnya atau ada keperluan si pengendara ditempat tersebut.

Terbatasnya tempat parkir kerap terjadi hampir setiap hari di setiap pinggiran jalan pedesaan maupun perkotaan. Pertumbuhan transportasi pribadi yang sangat pesat menjadi penyebab utama permasalahan ini, ditambah lagi dengan ketidaksesuaian kemajuan inovasi tempat parkir yang tersedia, untuk mengakomodasikan kebutuhan tempat parkir tapi transportasi pribadi.

Agar permasalahan tersebut dapat teratasi, inovasi pembatasan cat putih terhadap tempat parkir sangatlah dibutuhkan agar pengguna motor tidak sembarangan memarkir kendaraan mereka dan tersusun rapi. Dengan begitu, fasilitas akan meningkat ketika menuju tempat parkir yang sudah tersedia. (WN)

Penulis :Mahasiswa Jurusan Pengambangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang