BERBAGI
Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang sedang melakukan penyemprotan disinfektan di area Masjid Raudlatul Jannah, Mijen, Semarang, Senin (16/11/2020).

SEMARANG, Warta Nasional – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler dari Rumah (KKN RDR) ke-75 UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan bersih-bersih dan penyemprotan disinfektan di area masjid. Kegiatan tersebut dilakukan di Mijen, Semarang, tepatnya di Masjid Raudlatul Jannah,Wonorejo.

Menurut Dewi Sofiyana, salah satu peserta KKN RDR ke-75 UIN Walisongo Semarang, kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan masjid agar nyaman digunakan.

“Kegiatan bersih-bersih dan juga penyemprotan disinfektan ini, merupakan salah satu wujud pengabdian dari mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang. Kami berharap dengan kegiatan bersih-bersih dan penyemprotan disinfektan ini dapat menjaga kebersihan masjid, jadi jamaah yang datang akan merasa nyaman saat beribadah di masjid.”

Kegiatan tersebut, tentu diapresiasi oleh takmir masjid setempat, Taufiq, merasa kegiatan mahasiswa KKN tersebut sangat membantu warga sekitar merasa nyaman beribadah di masjid.

“Kami merasa senang dan terbantu dengan kehadiran mbak-mbak dan mas-mas KKN yang ada disini.”

Setelah masyarakat diperbolehkan beribadah kembali di masjid pada Agustus lalu, jamaah yang datang tidak berkurang, masih sama seperti sebelum pandemi. Namun, untuk menggelar acara-acara besar, masjid masih ditutup untuk umum.

“Untuk kegiatan atau acara-acara yang mengundang banyak orang, masih belum diperbolehkan. Karena kita disini sholat berjamaah pun harus menerapkan protokol kesehatan”, ujar Taufiq, Ketua takmir Masjid Raudlatul Jannah.

Kegiatan bersih-bersih masjid ini dilakukan setiap seminggu sekali oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo. Baik dari mahasiswa maupun takmir masjid berharap kegiatan tersebut dapat berjalan meskipun masa pengabdian KKN nanti berakhir.

“Kita (mahasiswa KKN) juga berharap dapat membantu kegiatan bersih-bersih masjid ketika masa KKN nanti selesai.

Kasus Covid-19 di daerah Semarang, Jawa Tengah, belum bisa dikatakan bersih dan normal. Pemerintah masih melakukan operasi yustisi protokol kesehatan. Selain itu, pemerintah juga masih menghimbau masyarakat agar selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan jaga jarak. (WN)