BERBAGI
Rutan Batang melaksanakan bakti sosial (baksos) dengan membersihkan lahan Pondok Pesantren Al-Ikhsan 3 Batang di Desa Penangkan, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Minggu (31/1/2021). (Foto: Humas Pemkab Batang)

BATANG, Warta Nasional – Sejumlah Warga Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang melaksanakan bakti sosial (baksos) dengan membersihkan lahan yang akan dijadikan Pondok Pesantren Al-Ikhsan 3 Batang di Desa Penangkan, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Minggu 31 Januari 2021.

Sejumlah pegawai yang didampingi oleh beberapa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) asimilasi  membersihkan rumput di lahan yang terletak di Desa Penangkan Batang tersebut.

Salah satu pengurus pondok Pesantren, Hidayat mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Rutan Batang.

“Masya Allah, ponpes sangat berterimakasih kepada Rutan Batang,” ucap Hidayat.

Menurutnya kegiatan baksos seperti ini bisa dijadikan ajang merubah stigma negatif masyarakat terhadap WBP.

Hidayat juga menambahkan, lahan tersebut rencananya akan dibangun Ponpes Al-Ikhsan 3 program diniyyah dan tahfidzul Quran. Selain itu, juga akan digunakan sebagai rumah singgah sebagai program lanjutan pembinaan WBP di Rutan Batang. Ia pun berharap kegiatan baksos seperti ini bisa terus berjalan.

“Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan menjadi sebab kebaikan dunis akhirat,” harap Hidayat.

Sementara itu, Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana menjelaskan, bahwa pihaknya telah lama bekerjasama dengan pihak Ponpes Al-Ikhsan 3 Batang. Selama ini Ponpes Al-Ikhsan telah membantu dalam penyelenggaraan kegiatan beljar mengajar di Ponpes At-Taubah di dalam Rutan.

Beberapa ustadz dari Ponpes Al-Ikhsan 3 aktif mengisi materi keagamaan di Ponpes At-Taubah. Sebagai bentuk rasa terima kasih dan imbal balik serta menjalin kerjasama yang lebih erat

“Beberapa kali kami mengadakan baksos di Ponpes Al-Ikhsan termasuk baksos di lahannya,” jelas Rindra.

Rindra juga berharap, apa yang diberikan oleh pihaknya bisa berguna bagi Ponpes Al-Ikhsan. Rindra pun mengaskan bakti sosial Rutan Batang akan terus dilaksanakan di berbagai tempat.