BERBAGI
Salah satu pengolah makanan di Desa Nyemplungsari, Ibu Tarmini. (Foto: Humas Pemkab Pemalang)

PEMALANG, Warta Nasional – Selain keindahan Pantai Jaka Tingkir yang terkenal, Objek wisata ini ternayata memiliki potensi lain yang menjadikan tempat tersebut wajib kita kunjungi, yakni beragam makanan olahan yang terbuat dari hasil laut.

Makanan olahan yang bisa kita jumpai seperti; trasi, ikan asin, rengginang rasa udang, rebon kering, dan beberapa jenis krupuk, dengan varian rasa. Varian jenis kerupuk itu seperti krupuk ikan lele, krupuk bandeng juga krupuk rumput laut.

Salah satu pengolah makanan tersebut Ibu Tarmini, semua produk yang dihasilkan diberi label Kasem, label ini bisa kita jumpai di outlet milik Ibu Tarmini sendiri di RT 05 RW. 01 Desa Nyamplungsari Kecamatan Petarukan.

Ibu Tarmini menceritakan, usaha yang digelutinya saat ini merupakan usaha turun – temurun yang sudah lama ditekuni oleh neneknya, kemudian diteruskan oleh Ibunya yang bernama Kasem. Setelah Ibu Kasem wafat, Ia meneruskan usaha tersebut hingga kini dengan menggunakan label “Kasem”.

Bagi warga Kabupaten Pemalang yang gemar dengan cemilan dari berbagai macam olahan dari hasil laut dan tambak, sekarang warga Pemalang sudah tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mencarinya keluar kota.

Seperti yang diceritakan Tarmini, usaha yang digelutinya dimulai tahun 2003, hingga kemudian pada tahun 2010, Ia membentuk Kolompok pengolah dan pemasar (poklahsar) “Jaya Sejati” yang beranggotakan enam orang.

“Mereka produksi sendiri. Saya kasih modal. Setelah diambil modalnya hasilnya lalu kita bagi. Tahun 2010 modal Rp. 50 ribu. Satu hari paling 5 kg Trasi. Awal mula yang usaha ibu saya kan trasi”, katanya belum lama ini.

Setelah mendapatkan pembinaan dari pemerintah daerah Kabupaten Pemalang melalui dinas perikanan, dinas sosial, Bappeda, dan Diskoperindag, Kantor Ketahanan Pangan (Dispertan) yang selalu membantu membina usaha kami.

Akhirnya untuk melengkapi kebutuhan sehari -hari yaitu ada ikan asin, rengginang rasa udang, trasi, rebon kering, dan beberapa jenis krupuk, yaitu krupuk ikan lele, bandeng, dan krupuk rumput laut. Semua makanan olahan dari hasil laut dan tambak, kita rumahnya kan di pinggir laut.

Usaha tersebut dimulai dari Simbah kemudian diturunkan ke Ibunya yang bernama Kasem. Kemudian meneruskan/dilanjutkan Tarmini dengan produk berlabel kasem.