BERBAGI
Layanan tes rapid antigen Stasiun Tawang Semarang
Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan tes rapid antigen pada penumpang di Stasiun Tawang Semarang/Ambar Adi Winarso-Dok. KAI

SEMARANG, Warta Nasional – Biaya tes rapid antigen penumpang kereta api jadi Rp 85 ribu sekali periksa berlaku mulai tanggal 9 April 2021.

Biaya tes rapid antigen itu turun dari semula Rp 105 ribu bagi tiap penumpang bepergian dengan moda kereta api.

Semua perubahan biaya tes rapid antigen berlaku untuk semua stasiun yang menyediakan layanan tersebut.

Termasuk pada stasiun wilayah Daop 4 Semarang seperti Stasiun Tawang, Stasiun Poncol, Tegal, Pekolongan, dan Cepu.

Daop 4 Semarang pada kelima stasiun yang melayani Rapid Test Antigen, sampai dengan tgl 7 April berjumlah 44.662 peserta.

Meski demikian, KAI memberikan alternatif bagi penumpang bisa memilih tes rapid antigen atau GeNose C19.

Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 12 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 27 Tahun 2021, masa berlaku hasil negatif rapid test Antigen adalah 3×24 jam sejak pengambilan sampel.

Sementara untuk tes GeNose C19 berlaku hanya untuk satu kali pemeriksaan pemberangkatan penumpang kereta api.

Untuk pemeriksaan Rapid Test Antigen di stasiun penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas.

Stasiun Layani Tes Rapid Antigen dan GeNose C19

Layanan Rapid Test Antigen saat ini telah tersedia di 43 stasiun yang merupakan hasil sinergi BUMN antara KAI dan  Rajawali Nusindo serta pihak-pihak lainnya.

Berikut stasiun melayani tes rapid antigen dan GeNose C19 adalah Gambir, Pasar Senen.

Lalu ada juga pada stasiun Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang.

Kemudian ada pula di Semarang Poncol, Semarang Tawang, Tegal, Pekalongan, Cepu, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Klaten.

Lalu ada juga di Madiun, Blitar, Jombang, Kediri, Kertosono, Tulungagung, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang.

Termasuk stasiun Kertapati, Lahat, Lubuk Linggau, Muara Enim, Prabumulih, Tebing Tinggi, Tanjungkarang, Kotabumi, dan Baturaja.

Sejak 21 Desember 2020 sampai dengan 5 April 2021, KAI telah melayani 493.014 peserta Rapid Test Antigen di Stasiun.

Kereta Api mengutamakan keselamatan, memastikan pelanggan dalam kondisi aman dan sehat, menerapkan protokol kesehatan disiplin dan ketat.

KAI mendukung pemerintah dalam melakukan screening deteksi Covid-19 pada moda Kereta Api guna memutus penyebaran Covid-19. ***

Editor: Ambar Adi Winarso