BERBAGI
Tampak seorang Mahasiswa KKN sedang membantu memakaikan masker yang benar kepada pedang pasar

JEPARA, Warta Nasional – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler dari rumah UIN Walisongo Semarang terus bergerak menebar manfaat kepada masyarakat sekitar.

Kali ini, Eva Noor Aliffah salah seorang mahasiswa KKN melakukan gerakan berbagi masker di pasar tradisional Kalinyamatan Jepara. Minggu (18/10/2020)

Berangkat dari keprihatinannya melihat realita pedagang pasar yang masih abai menggunakan masker, Eva merancang  pragram kerja individu dalam rangka peduli Covid-19. Menututnya, kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker masih rendah. Padahal, pasar merupakan tempat paling ramai didatangi orang dari berbagai lingkungan.

“Saya mengamati para pedagang pasar masih banyak yang tidak pakai masker. Kesadaran mereka masih rendah dalam hal ini. Padahal kan pasar merupakan tempat paling ramai didatangi orang dari berbagai lingkungan,” ujar mahasiswa jurusan Akuntansi Syariah itu.

Tidak hanya membagikan masker Eva juga memberikan edukasi pemakaian masker yang benar kepada para pedagang.

Mbah Ngatimah, salah satu pedangan pasar mengaku tidak tau jika memakai masker ada aturannya.

Eee lha wong kulo mboten ngertos. Nganggo masker yo angger dinggo. Ora ngerti aturane. Matur nuwun njih neng,” ungkapnya dalam bahasa Jawa.

Eva juga berpendapat, para pedagang pasar sebenarnya adalah salah satu pemasok utama kebutuhan harian masyarakat. Jika para pedagang pasar terpapar wabah akan memengaruhi rantai pasokan kebutuhan pangan masyarakat.

“Hal ini yang menggerakkan saya untuk terjun dan mengedukasi para pedagang pasar agar mau menjaga dirinya. Seenggaknya dengan menggunakan masker saat berjualan,”

“Semoga ikhtiar ini membantu mengurahi penyebaran wabah Covid-19 di tengah masyarakat,” pungkasnya. (Eva /WN)