BERBAGI
Buntut Kerumunan BTS Meal, Satpol PP Segel 5 Resto Mc Donald Semarang
Buntut Kerumunan BTS Meal, Satpol PP Segel 5 Resto Mc Donald Semarang/Ambar Adi Winarso-Warta Nasional

SEMARANG, Warta Nasional – Terjadi antrian panjang yang menyebabkan kerumunan massa pada promo makanan BTS Meal di resto cepat saji Mc Donald Kota Semarang berbuntut panjang.

Selain antrian dan kerumunan dibubarkan oleh Satpol PP Kota Semarang, resto Mc Donold juga kena imbal ikut kena segel.

Total ada lima resto Mc Donald di Semarang yang kena segel dengan status penutupan sementara oleh Satpol PP guna mencegah kerumunan massa.

Satpol PP Kota Semarang bertindak tegas lantaran kerumunan massa pengantre BTS Meal beresiko terjadi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Promo harga makanan yang mengadopsi nama idol Korea itu rupanya menarik perhatian para konsumen. Meski dilakukan order secara online namun tak mampu cegah kerumunan yang tak terkendali.

Salah satunya ada di Mc Donald Mal Ciputra Semarang, Rabu 9 Juni 2021, terjadi kerumunan banyaknya driver ojek online yang order pemesanan makanan BTS Meal dari warga Semarang.

“Dapat laporan masyarakat kemarin, kita turunkan tim langsung TKP di Mc Donald Mal Ciputra dan terjadi pelanggaran protokol kesehatan adanya kerumunan saat pandemi Covid-19,” kata Kasatpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto, Kamis 10 Juni 2021.

Segel Lima Resto Mc Donald

Selanjutnya, kata Fajar, tim juga bergerak menuju beberapa cabang resto Mc Donald yang ada di beberapa titik lokasi di Semarang. Mengecek apakah terjadi pelanggaran prokes yang sama.

Di ketahui rupanya resto cabang lainnya juga terjadi pelanggaran prokes yakni Mc Donald di Jalan Pandanaran Java Mall, Jalan Pamularsih, dan Jalan Majapahit.

“Kami segel juga, total ada lima Mc Donald dengan penutupan sementara selama dua hari,” katanya.

Fajar menyampaikan, selama waktu dua hari penutupan sementara, pihaknya memanggil satu persatu manajemen resto Mc Donald untuk diminta keterangan.

Fajar juga menghimbau kepada seluruh pengusaha Food and Beverages untuk selalu tertib dalam menerapkan protokol kesehatan.

“PPKM mikro sudah diterapkan lagi, semua jajaran sudah ikut mengamankan, jangan sampai ini para pengusaha memporak-porandakan semua usaha kita,” katanya.

Sementara itu, Public Relation Mal Ciputra, Aisa R. Jusmar mengatakan kerumunan BTS Meal di salah satu gerai mal nya ada di luar kendali ekspektasi pengelola mal.

Dia menyatakan, jika pihak mal tidak diberitahu akan adanya promo BTS Meal yang merupakan program secerantak seluruh Indonesia.

“Meski kami juga ikut mengamankan kerumunan dengan mengerahkan sekuriti mal di resto Mc Donald,” katanya. ***

Editor: Ambar Adi Winarso