BERBAGI
Forum Komunikasi Mahasiswa Batang Indonesia (Forkombi) menggelar pelantikan pengurus pusat Forkombi periode 2020-2021 dihadiri oleh Bupati Batang Wihaji di Pendopo Kabupaten Batang, Sabtu (16/1/2021). (Foto: Humas Pemkab Batang)

BATANG, Warta Nasional – Forum Komunikasi Mahasiswa Batang Indonesia (Forkombi) menggelar pelantikan pengurus pusat Forkombi periode 2020-2021 dihadiri oleh Bupati Batang Wihaji di Pendopo Kabupaten Batang, Sabtu (16/1/2021).

Korpus Forkombi Muhammad Muntaha mengatakan, bahwa dalam rangka mempererat silaturahmi dan memperkuat regenerasi Organisasi Forkombi  sebagai organisasi mahasiswa telah menetapkan struktur kepengurusan dalam satu keputusan.

“Pengurus pusat Forkombi yang dilantik ada 45 mahasiswa dari 800 mahasiswa yang masuk dalam anggota dan saya menjadi koordinasi pusatnya dan pelindungnya Bupati Batang Wihaji. Nama-nama yang sudah dilantik sebagai penurus mempunyai tugas dan bertanggung jawab atas regenerasi organisasi,” jelas Forkus Forkombi.

Sementara, Bupati Batang Wihaji mengatakan, Forkombi adalah salah satu agent of change yang nanti mensupport dan mengkritik dengan memberikan masukan kepada Pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Batang.

“Mahasiswa menjadi pengaruh Indek Pembangunan Manusisa (IPM) Kabupaten Batang, karena angka rata-rata lama sekolah dan angka harapan sekolah itu adalah ukurannya dalam pendidikan, kedua angka harapan hidup dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, dan pendapatan per kapita Kabupaten Batang yang skornya masih kecil dengan nilai terakhir 68,30 urutan 6 dari bawah,” jelas Wihaji.

Dilihat dari nilai Tersebut orang di Kabupaten Batang rata-rata sekolah hanya 6 tahun, yang berarti kebanyakan Cuma lulusan Sekolah Dasar. Kabupaten Batang sendiri mempunyai target rata-rata 12 tahun yang berarti minimal SMA.

Diharapkan, Forkombi tetap kritis maka kritisime terhadap Pemerintah daerah dijalankan terus dengan mengkritik sesuatu hal yang tidak benar terhadap pembangunan maupun Pemerintahan Kabupaten Batang.