BERBAGI
PON XX Papua 2021 Siap Hadirkan Cabang Olahraga Esports /PMJ News

JAKARTA, Warta Nasional – Cabang olahraga elektronik (esports) sebagai bagian dari cabang olahraga (cabor) akan diikutkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Ketua Pelaksana Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 Gloria Famiela menjelaskan dalam agenda olahraga itu akan ada empat gim yang bakal digelar di laga ekshibisi tersebut.

Sebagai informasi, olahraga elektronik adalah salah satu dari sepuluh cabang olaraga yang akan digelar.

Adapun, setiap atlet nantinya siap bersaing di gim yang mempunyai tema Battle Royale, Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) dan sepakbola daring.

“Total akan ada empat gim yang akan dipertandingkan. Antara lain, Free Fire, eFootball PES 2021, Mobile Legends dan Lokapala,” terangnya dalam siaran pers secara virtual, di Jakarta, Jumat 20 Agustus 2021.

Lebih jauh Gloria mengungkapkan, pada 18 Agustus 2021 kemarin, atlet sudah dapat melakukan pendaftaran untuk tiga gim yaitu Free Fire, eFootball PES 2021, Mobile Legends.

Meski begitu, menurutnya, untuk gim lokal Lokapala panitia tengah dalam tahap pembahasan teknis dengan pihak pengembang, yaitu Anantarupa.

Berikutnya, nantinya pertandingan akan dibagi menjadi tiga babak. Pertama, dimulai dengan babak kualifikasi yang mencakup 34 Provinsi, 514 kota/kabupaten.

Selanjutnya, kualifikasi akan dilakukan melalui tiga cabang gim terlebih dahulu. Seperti, Free Fire, eFootball PES 2021 dan Mobile Legends yang akan berlangsung dari 26 Agustus-5 September 2021, hingga panitia mendapatkan satu tim terbaik dari setiap provinsi.

Kemudian, akan ada pra PON di fase kedua. Hal ini bertujuan untuk mempertemukan atlet dari 34 provinsi, di mana dilakukan secara daring.

Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan 11 provinsi terbaik gim free fire, 5 provinsi terbaik game Mobile Legends dan eFootball pes. Duel ini berlangsung dari tanggal 7-14 September.

Nantinya, seluruh tim yang lolos akan diterbangkan ke Papua dan bergabung dengan tim tuan rumah.

Para atlet nantinya bertanding di event utama, bertajuk Eksibisi Esports PON XX Papua 2021, dimulai pada 22-26 September 2021 mendatang