BERBAGI
Lidia Pho dan Daru Jaya (Ndarboy Gank)
Peyanyi asal Semarang Lidia Pho rilis single pertama 'Dalan Buntu' gandeng Daru Jaya atau Ndarboy Genk/Ambar Adi Winarso-Warta Nasional

SEMARANG, Warta Nasional – Penyanyi asal Semarang, Lidia Pho, merilis lagu single pertama berjudul ‘Dalan Buntu’ dengan menggandeng musisi dangdut Jawa kenamaan Ndarboy Genk.

Lagu ‘Dalan Buntu’ dirilis secara virtual tayang perdana pada Jumat 30 April 2021 pukul 15.00 WIB di akun chanel Youtube pribadi Lidia Pho.

Lagu ini terasa sangat istimewa bagi Lidia Pho karena diciptakan dan diproduseri langsung oleh Daru Jaya (Ndarboy Genk).

Ndarboy Genk banyak menelorkan lagu hits yang selalu trending seperti Balungan Kere, Wong Sepele, Kadung Jeru, Kalah Awu dan banyak lainnya.

Lidia Pho mengaku merasa sangat beruntung bisa menyanyikan lagu ciptaan musisi luar biasa dari seorang Ndarboy Genk.

“Merasa beruntung bertemu musisi yang karya luar biasa. Merasa mendapat give, ketemu yang chemistrynya dapat,” kata Lidia Pho, saat jumpa media di Rempah Mewah Resto Semarang, Jumat 30 April 2021.

Artis pemilik nama asli Lidia Yunus ini, mengaku tak sengaja bisa menyanyikan lagu karya Ndarboy Genk.

Bahkan lahirnya lagu ‘Dalan Buntu’  juga secara tiba-tiba, pada saat dirinya dan musisi Semarang berkunjung ke Jogja.

“Jadi ketemu mas Daru, dia langsung pegang gitar buat lagu dan bilang ini lagu buat Cik Lidia,” kata Lidia Pho.

Lidia Pho terkejut dan sempat ragu karena musisi sekelas Ndarboy Genk pernah berkolaborasi dengan artis tenar dangdut Jawa seperti Denni Cak Nan, Tasya Rosmala dan lainnya.

Namun setelah melihat Ndaru menyanyikan lagu tersebut dan meyakinkan dirinya pasti bisa menyanyikan lagu Dalan Buntu.

“Awalnya sempet ragu, tapi setelah dinyakinkan Daru, Lidia mau,” kata Lidia.

Sementara itu, Daru Jaya atau Ndarboy Genk meyakini jika Lidia Pho bisa membawakan Dalan Buntu digemari masyarakat.

Pasalnya, ‘Dalan Buntu’ memiliki dan memberi warna baru bagi siapa saja yang mendengarkan lagu dangdut Jawa kebanyakan. Lidia Pho memberikan aksen atau logat chinese pada lagu ini.

“Karenanya jadi warna baru untuk nyanyi lagu Jawa diyanyikan dengan logat ada chinesenya,” katanya.

Cerita Lagu Dalan Buntu

Daru Jaya menceritakan seputar lagu ‘Dalan Buntu’. Proses produksi dibuat di Jogjakarta dengan latar pantai atau lautan.

Dalam tayangan perdananya, video klip ‘Dalan Buntu’ juga didukung oleh pemeran seperti Mentik Wangi dan Nifa  Sartika.

Untuk musik dan produksi video digarap oleh Mabes Balker Ndarboy Genk, seperti kebanyakan lagu milik Draboy Gank lainnya.

‘Dalan Buntu’ bercerita tentang sepasang manusia yang memiliki komitemen untuk hidup bersama. Namun dalam perjalanan hidupnya banyak permasalahan yang terjadi.

‘Dalan Buntu’ pun menjadi solusi terakhir dengan masing-masing akhirnya memilih untuk saling mengikhlaskan dan memaafkan.

“Dalan Buntu adalah proses memaafkan dan pengikhlasan pada suatu kesalahan dan memilih jalan yang lebih baik daripada terus pada jalan yang rumit,” kata Daru.

Lagu ‘Dalan Buntu’ saat ini sudah bisa didengarkan di berbagai platform digital musik dan video seperti Youtube, Spotify, deezer, joox, itunes, langit musik dan lainnya pada 230 negara.

“Hasil penjualan dari digital platform akan disumbangkan ke pekerja seni Semarang seperti crew yang terdampak covid,” pungkasnya. ***

Editor: Ambar Adi Winarso