BERBAGI
Tim KKN MIT Kelompok 71 UIN Walisongo Semarang saat membagikan masker dalam kegiatan Posyandu di RW 01 Desa Kalikangkung, Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan / Nadaa Masithah/Kelompok 71 KKN MIT 11 UIN Walisongo

SEMARANG, Warta Nasional – Dalam rangka pencegahan penularan, dan pemutusan rantai penyebaran virus Covid-19 mahasiswa KKN Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (MIT DR) angkatan 11 UIN Walisongo Semarang membagikan masker kepada warga RW 01 di Desa Kalikangkung, kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan yang datang ke posyandu pada Senin, 15 Februari 2021.

Pembagian masker secara gratis ini dilakukan agar warga selalu ingat dan patuh dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Protokol kesehatan ini tidak hanya sebatas menggunakan masker saja tetapi yang lainnya juga harus diterapkan, seperti mencuci tangan atau memakai hensanitaizer, dan menjaga jarak atau social distancing. Hal ini juga yang diterapkan pada pelaksaan posyandu di Desa Kalikangkung.

Hal tersebut dilakukan untuk melindungi diri sendiri, keluarga, dan orang-orang yang berada disekitar kita agar terhindar dari virus Covid-19.

Pembagian masker dilakukan saat kegiatan Posyandu di Desa Kalikangkung, Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan juga disertai imbauan agar selalu menggunakan masker jika sedang berkegiatan di luar rumah.

Meski terbilang dekat dengan rumah warga, posyandu tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. salah satunya jika ada ibu yang mendampingi anaknya saat posyandu dengan tidak memakai masker, kita imbau untuk memakai masker yang diberikan terlebih dahulu.

Sistem pembagiannya sendiri dengan memastikan ibu dan anak yang datang ke Posyandu mendapatkan masker gratis dan paham akan edukasi tentang pentingnya penggunaan masker meski sudah tersedianya vaksin, oleh Mahasiswa KKN Kelompok 71 UIN Walisongo.

Masker dapat mencegah penularan melalui udara dengan menghalangi virus yang terbawa di udara dan mencegah kontak melalui droplet.

Salah satu Mahasiswa KKN Kelompok 71, Annisa Rhea Salsabila mengatakan dengan adanya pembagian masker bisa meningkatkan kesadaran warga sekitar untuk memakai masker dan menjaga kesehatan.

“Pembagian masker ini adalah upaya TIM KKN Kelompok 71 untuk mengingatkan warga terutama Desa Gondoriyo agar menerapkan protokol kesehatan dengan penggunaan masker saat keluar rumah, mengingat sebenarnya pandemi masih belum berakhir meski sudah dilakukan vaksinasi,” Ungkapnya.

Ketua RW 01 Desa Kalikangkung, Kelurahan Gondoriyo, Ibu Sugi, menyambut dengan baik pembagian masker yang dilaksanakan pada saat posyandu diadakan.

“Sebelumnya juga sudah mendapatkan pembagian masker, tetapi dirasa masih kurang dan itu tidak semua warga yang mendapatkan”, ujarnya.

Kepada seluruh masyarakat mari kita sama-sama patuhi protkol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah agar pandemi virus Covid-19 cepat berakhir. (WN)