BERBAGI
program Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magelang mendistribusian tempat cuci tangan (wastafel) ke beberapa desa di wilayah Kabupaten Magelang/Dok/Humas Pemkab Magelang/

MAGELANG, Warta Nasional – Dalam pelaksanaan program Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magelang mendistribusian tempat cuci tangan (wastafel) ke beberapa desa di wilayah Kabupaten Magelang.

Kegiatan SIBAT ini terdiri dari penyuluhan kesehatan terhadap kelompok rentan atau ibu hamil, pembagian logistik dan pemasangan wastafel. Hal tersebut dikatakan Kepala Markas PMI Kabupaten Magelang, Arief Setyohadi, Jumat 12 Februari 2021.

“Secara sederhana kegiatan ini adalah dukungan PMI untuk SIBAT PMI dalam penanganan Covid19 berbasis masyarakat di desa. Adapun SIBAT sendiri secara teknis adalah tim relawan SIBAT merupakan relawan PMI yang mewakili dan membantu masyarakat dalam kesiapsiagaan dan tanggap darurat bencana di desa,” ucap Arief.

Ditambah Arief, pelaksanaan kegiatan tersebut mulai dilaksanakan pada hari Kamis 11 Februari 2021 bertempat di Desa Sambungrejo Kecamatan Grabag, pada hari Jumat 12 Februari 2021 di Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur dan pada hari Sabtu 13 Februari 2021 di Desa Kalibening Kecamatan Dukun.

Wastafel untuk SIBAT PMI tersebut merupakan dukungan dari PMI pusat dan Federasi Palang Merah Internasional.

Pemasangan tempat cuci tangan, untuk Desa Wanurejo Borobudur dan Desa Sambungrejo Grabag masing-masing ada empat buah, dipasang di tempat strategis.

“Kemudian juga dilaksanakan pemasangan stiker dan banner berisi sosialisasi protokol kesehatan, seperti pemakaian masker, jaga jarak dan di rumah saja. Agar masyarakat tidak lupa pelaksanaan protokol kesehatan,” kata Arief.