BERBAGI
Mahasiswa KKN UIN Walisongo bersama Santri dan Ustzah TPQ Baturrahim (Foto: Dok Pribadi)

TEGAL, Warta Nasional – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah (KKN RDR) ke- 75 UIN Walisongo sosialisasikan protokol kesehatan di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Baiturrahim Karangjati.

“Dalam rangka menghadapi era new normal khususnya di dunia pendidikan,” kata Mahasiswa KKN RDR kelompok 79, Urfi Nauroh dalam keterangnya kepada wartanasional.com, Senin (12/10).

Lebih lanjut, Urfi sapaan akrabnya merupakan upaya kepedulian dan kontribusi mahasiswa dalam pencegahan sebaran virus covid-19.

“Kita ajarkan kepada semua santri tentang protokol kesehatan, 3M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun,” imbuhnya.

Tak sampai disitu, Urfi mengaku juga menyiapkan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun cuci dan air mengalir.

“Agar dapat digunakan santri sebelum belajar mengaji di dalam, ” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala TPQ Baiturrahim Karangjati mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN RDR UIN Walisongo Semarang.

“Sangat bermanfaat untuk kami, kami sangat senang,” katanya.

Ia juga menambahkan, masa pandemi yang cukup rawan penyebaran saat pembelajaran tatap muka.

“Terima kasih juga untuk UIN Walisongo ini atas kepeduliannya memutus rantai penyebaran melalui Program bertemakan kepeduliaan covid-19 ini,” imbuhnya.

Senada dengan hal itu, salah satu orangtua santri, Mimin bersyukur dengan adanya sosialisasi protokol kesehatan.

“Alhamdulillah sudah bisa kembali mengaji dengan tenang karena ada tempat cuci tangan,” katanya.

Mimin juga memandang pentingnya ustaz dan ustazah diberikan sosialisasi terkait penularan virus covid-19.

“Pada Pembelajaran tatap muka ini rawan sekali terjadi penularan dan penyebaran virus Covid-19, terlebih lagi anak-anak masih sangat minim kesadaran untuk melindungi diri dengan mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Untuk itu penting sekali mengedukasi kepada mereka akan bahayanya virus Covid-19 ini dan pentingnya menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (WN)

Editor: Dian Nafiatul