BERBAGI
REFILE - CORRECTING BYLINE Residents sit outside after being evacuated from the condominium building after an earthquake in Makati City, Philippines, April 22, 2019. REUTERS/Neil Jerome Morales *** Local Caption *** Warga duduk di luar setelah dievakuasi dari gedung kondominium akibat gempa di Kota Makati, Filipina, Senin (22/4/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Neil Jerome Morales/djo/ama

Warta Nasional- Gempa dengan magnitudo 6,1 mengguncang Mindanao, Filipina, demikian Pusat Seismologi Eropa – Mediterania (EMSC) pada Minggu (15/11).

Menurut institusi pemantau bencana alam itu, pusat gempa berada di kedalaman 15 km.

Mengutip Antara, belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa.

Desember tahun lalu gempa berkekuatan 6, 8 magnitudo juga terjadi di Mindanao, Filipina.

Saat itu juga tak ada laporan tentang korban atau kerusakan yang diakibatkan oleh gempa yang merupakan efek dari fenomena aktivitas sesar lokal di wilayah Mindanao.

Namun, sekitar dua bulan sebelumnya, tepatnya pada 17 Oktober 2019, gempa di lokasi yang sama, dengan magnitudo yang lebih kecil yakni 6,4 justru menimbulkan korban jiwa.

Tiga orang dilaporkan tewas akibat gempa itu. Puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

Belasan rumah ambruk akibat petaka alam itu. Rata-rata korban yang meninggal dan luka-luka mengalami nasib naas itu akibat tertimpa atap atau dinding rumah yang runtuh.(Sik)