BERBAGI
Demo May Day buruh diberi vaksinasi dan sembako di Semarang
Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyaksikan pemberian vaksinasi buruh dan sembako di May Day 1 Mei 202i di Balaikota Semarang/Ambar Adi Winarso-Dok. Pemkot Semarang

SEMARANG, Warta Nasional –  Jika biasanya para buruh kerap menyuarakan kepentingan dan konvoi massa dalam demo May Day, kali ini berbeda di Kota Semarang.

Demo May Day memperingati Hari Buruh Nasional, Sabtu 1 Mei 2021, di Kota Semarang para buruh malah diberi vaksinasi dan sembako.

Sejumlah perwakilan aliansi serikat pekerja di Jawa Tengah mendatangi Balaikota Semarang mendapat suntikan vaksin Covid-19 atau vaksinasi di kantor walikota Semarang.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menerangkan, pemberian vaksin kepada perwakilan aliansi serikat pekerja merupakan bagian dari kegiatan peringatan May Day pada masa pandemi Covid-19 yang belum usai.

“Atas nama Pemerintah Kota Semarang mendukung semangat kawan-kawan dalam memperingati May Day ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan juga bersedia untuk mengikuti vaksinasi,” kata Hendrar Prihadi, Walikota Semarang.

Selain pemberian vaksinasi terhadap buruh, mereka juga diberi paket sembako dari pihak Polda Jateng sebagai bagian dari pembentukan Desk Ketenagakerjaan yang dibentuk pada hari itu juga.

“Termasuk pada hari ini juga saya ucapkan terima kasih kepada Polda Jateng yang telah meluncurkan Desk Ketenagakerjaan,” kata Hendi, sapaan walikota.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah, Kombes Pol. Johanson Simamora menjelaskan pembentukan Desk Ketenagakerjaan sesuai perintah Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Ahmad Luthfi.

Desk Ketenagakerjaan dibentuk untuk membantu menyelesaikan aspirasi buruh jika Pemkot Semarang merasa meminta bantuan. Terutama terkait pidana.

“Ini wujud komitmen Polda Jateng merespon keinginan rekan buruh dalam penyelesaian setiap perkara buruh khususnya yang mengarah pada pidana”, kata Johanson.

Polda Jawa Tengah memberikan 1000 paket sembako kepada para buruh di Jawa Tengah, yang diterimakan langsung dari Direktur Intelkam Polda Jawa Tengah Kombes Polisi Jati Wiyoto Abadi kepada perwakilan 10 federasi serikat buruh.

Koordinator Aliansi Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) Nanang Setyono memberikan apresiasi atas langkah yang diberikan Polda Jawa Tengah dan Pemkot Semarang.

Kata Nanang, Desk Ketenagakerjaan dan vaksinasi menjadi dua hal yang didambakan para buruh di Jawa Tengah.

“Ini keren sekali, super sekali, kado terindah di May Day. Desk Ketenagakerjaan dan vaksin yang kami dambakan saat ini. Semuanya dikabulkan, juga tuntutan THR dari kami,” kata Nanang. ***

Editor: Ambar Adi Winarso