Sejarah Diperingatinya Hari KORPRI pada 29 November, Yuk Ikut Berpartisipasi Meriahkan Hari Penting Ini

- Selasa, 29 November 2022 | 10:05 WIB
29 November Hari KORPRI
29 November Hari KORPRI

WARTA NASIONAL - KORPRI merupakan singkatan dari Korps Pegawai Republik Indonesia. Hari KORPRI atau korps Pegawai Republik Indonesia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 29 November.

KORPRI didirikan sebagai wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia. Peringatan hari ulang tahun atau HUT KORPRI jatuh pada Selasa 29 November 2022 ditetapkan berdasarkan hari lahirnya KORPRI sejak tahun 1971 silam.

KORPRI beranggotakan seluruh Pegawai Negeri Sipil, pegawai BUMN, BUMD dan juga anak perusahaan. KORPRI berdiri berdasarkan dengan Keputusan Presiden atau Keppres No. 82 Tahun 1971 tentang KORPRI kemudian diperkuat dengan Keppres No. 24 Tahun 2010 tentang Anggaran Dasar KORPRI.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Hari Ini Selasa 29 November 2022: Update Cinta Alesha, Karena Aku Sayang dan Ikatan Cinta

Peringatan HUT KORPRI sesuai dengan tanggal dibentuknya KORPRI tepatnya pada tanggal 29 November 1971. Hal ini ditetapkan berdasarkan Keppres Nomor 82 Tahun 1971 tentang Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI). Pembentukan KORPRI ini dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Selama masa Orde Baru, KORPRI pada saat itu dijadikan sebagai alat kekuasaan untuk melindungi pemerintah yang berkuasa. Akan tetapi sejak era reformasi, KORPRI mulai berubah menjadi sebuah organisasi yang netral dan tidak berpihak terhadap partai politik tertentu.

Sebelumnya, latar belakang sejarah KORPRI sebenarnya sangatlah panjang.pada masa penjajahan Belanda, banyak sekali pegawai pemerintah Hindia Belanda yang berasal dari kaum bumi putera. Namun kedudukan pegawai ini termasuk kelas terbawah.

Kemudian, pada saat peralihan kekuasaan pemerintah Belanda kepada Jepang, secara otomatis semua pegawai pemerintah Hindia Belanda dipekerjakan oleh Jepang sebagai pegawai pemerintah. Nasib mereka jauh lebih sulit dari pada sebelumnya.

Baca Juga: Jadwal Acara Televisi MOJI TV Hari Ini Selasa 29 November 2022: Ada FIFA World Cup Qatar 2022 Brasil vs Swiss

Halaman:

Editor: Intan Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X