• Minggu, 3 Juli 2022

Penangguhan Uji Vaksin Covid-19, Sinovac China di Brazil tak Pengaruhi Riset

- Jumat, 13 November 2020 | 20:40 WIB
ilustrasi-vaksin-corona-2_169
ilustrasi-vaksin-corona-2_169

Warta Nasional - Penangguhan dua hari pada uji klinis tahap akhir vaksin COVID-19 buatan Sinovac China di Brazil tidak mempengaruhi riset, menurut kepala lembaga terkait di Sao Paulo pada Kamis.

Uji klinis dihentikan pada Senin malam setelah adanya kematian seorang partisipan, yang didaftarkan di Sao Paulo sebagai bunuh diri.

Keputusan badan regulator, Anvisa, untuk menghentikan uji klinis tersebut, satu dari tiga riset uji tahap akhir berskala besar Sinovac, dikritik penyelenggara pengujian. Mereka berpendapat bahwa langkah tersebut mengejutkan dan tidak perlu menghentikan riset tersebut sebab kematian itu tidak terkait dengan vaksin.

Pada Rabu Anvisa mengatakan uji klinis dilanjutkan.

Kepala lembaga riset biomedis Butantan, Dimas Covas, mengatakan kepada wartawan bahwa kepercayaan Butantan pada Anvisa tidak surut dengan insiden tersebut, meski ia menyebutkan hubungan antar keduanya perlu ditingkatkan.

"Kami masih memiliki banyak pengajuan di Anvisa dan hubungan ini musti dipererat," kata Covas.

"Kami tidak bisa berkomunikasi dengan Anvisa melalui siaran pers. Kami berharap akan ada transparansi penuh di kedua pihak," tambahnya, merujuk pada cara Butantan mengetahui keputusan penangguhan uji klinis.

Presiden Brazil Jair Bolsonaro, yang merupakan kritikus lama China dan tanpa dasar menolak vaksin Sinovac, memuji penangguhan tersebut sebagai kemenangan pribadi.

Namun, Bolsonaro pada Rabu menegaskan bahwa pemerintahannya akan membeli vaksin apa pun yang disetujui Anvisa dan Kementerian Kesehatan, yang akhirnya bakal mencakup vaksin buatan Sinovac.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

BDF Ke-13: Demokrasi Dalam Penanganan Pandemi Global

Jumat, 11 Desember 2020 | 13:38 WIB

Indonesia Dorong PBB Untuk Pastikan Distribusi Vaksin

Minggu, 6 Desember 2020 | 09:47 WIB

Trump Umumkan Akan Segera Keluar RS

Selasa, 6 Oktober 2020 | 07:12 WIB

Disney+ Uji Coba Fitur Terbaru "GroupWatch"

Kamis, 1 Oktober 2020 | 13:35 WIB

Kawasan GBK Siap Dipakai Piala Dunia U-20

Rabu, 23 September 2020 | 05:35 WIB

Kunjungan ke Abu Dhabi, Erick Harap Terjalin Kerjasama

Minggu, 23 Agustus 2020 | 10:57 WIB
X