BERBAGI
Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat melantik dan mengambil sumpah jabatan 17 orang Pejabat Pengawas Sekolah Dasar di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Kamis (18/3/2021)/Humas Pemprov Jateng

UNGARAN, Warta Nasional – Bupati Semarang Ngesti Nugraha melantik dan mengambil sumpah jabatan 17 orang Pejabat Pengawas Sekolah Dasar di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Kamis 18 Maret 2021.

Dalam acara tersebut, Bupati berharap pengawas sekolah dasar (SD) menjalankan fungsi pengawasan dengan baik. Sehingga, mutu dan derajat pendidikan di tingkat dasar dapat terjamin.

Menurutnya, komitmen para pengawas sekokah dasar akan menjadi penjaga mutu penyelenggaraan pendidikan.

“Pendidikan dasar sangat penting dan karenanya fungsi pengawas menjadi sangat strategis,” jelas Ngesti.

Menyinggung tentang pembelajaran tatap muka di masa pandemi, bupati meminta para pengawas untuk memperketat penerapan protokol kesehatan.​ Saat uji coba pembelajaran tatap muka saat ini, para pengawas harus menempatkan diri sebagai ketua satgas penanganan Covid-19 di sekolah masing.

Kepala Disdikpora Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo menerangkan, fungsi pengawas sekolah dasar adalah menjamin pelaksanaan pembelajaran berjalan baik. Mereka dituntut memiliki dedikasi dan profesionalisme. Sebab, ada 455 sekolah dasar yang harus diawasi.

“Sesuai UU guru dan dosen, pengawas sekolah ini harus mengawasi dan menjamin pelaksanaan pembelajaran dan pendidikan yang bermutu,” terang Sukaton Purnomo.