BERBAGI
Ilustrasi

JAKARTA, Warta Nasional – Atlet-atlet terbaik Indonesia siap berlaga di Kejuaraan Nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) 2016 yang akan digelar di GOR Sitrex Solo, Jawa Tengah, pada 6-10 Desember mendatang.

Ketua Panitia Kejurnas PBSI 2016 Andy Kridasusila mengatakan, turnamen yang disponsori Blibli.com itu akan diikuti 400 atlet untuk nomor beregu dan perorangan Divisi I dan II, kelompok usia dewasa maupun junior.

Menurut Andy Kridasusila, pada Kejurnas di Solo akan diikuti nama-nama pebulutangkis terbaik dunia yang dipastikan bakal berlaga memperkuat klubnya masing-masing.

Mereka adalah Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir, pasangan peraih medali emas ganda campuran di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Kemudian, Juara All England 2016 Praveen Jordan/Debby Susanto, peraih medali emas ganda putri Asian Games 2014 Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, dan pasangan juara Dunia 2013 dan 2015, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Pada Kejurnas kategori beregu dewasa atau Divisi I akan diikuti 10 klub yang terbagi dua grup yakni Grup A terdiri dari PB Djarum (Kudus), Mutiara Cardinal (Bandung), Tangkas (Jakarta), Exist (Jakarta), USM Jaya (Semarang). Sedangkan Grup B yakni PB Jaya Raya (Jakarta), Suryanaga Mutiara Timur (Surabaya), SGS PLN (Bandung), PMS (Solo), Guna Dharma (Bandung).

Untuk kategori beregu Junior atau Divisi II ada tujuh klub yang terbagi dari Grup C yakni PB Jaya Raya Satrua (Sleman), Desa (Toli-Toli), Tunas JA Kasturi (Jambi). Untuk  Grup D terdiri dari PB Kesha Timur (Samarinda), Icli Gowata (Sunguhminahasa), Mustika (Banjar Baru), dan Mutiara Manakkara (Mamuju).

Wakil Sekjen PP PBSI Achmad Budiharto mengatakan “Kejurnas Badminton Blibli.Com 2016” digelar di Kota Solo karena masyarakatnya sangat antusias terhadap olahraga bulu tangkis.

Ia menambahkan, kegiatan Kejurnas PBSI menjadi barometer pembinaan di daerah untuk bisa melihat prestasi yang berkelanjutan. Pebulutangkis yang mampu meraih prestasi pada kejurnas tersebut akan berjenjang dan berhak masuk mengikuti Pelatnas.

“Hal ini berlaku untuk pebulutangkis yang juara di Kejurnas baik Divisi I dan II,” katanya.

Klub siap bersaing

Manajer PB Djarum Kudus Fung Permadi mengatakan klubnya akan menampilkan pemain-pemain terbaik, salah satunya pasangan ganda campuran Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir. Mereka membidik gelar juara Grup A.

“Saya bersama Butet (panggilan akrab Liliyana Natsir) akan berusaha untuk menyumbangkan poin untuk klub setiap pertandingan,” kata Tantowi Ahmad.

Sementara itu, Manajer PB Jaya Raya Jakarta Imelda Wiguna mengatakan semua pebulutangkisnya siap bertanding.

Menurut Imelda, timnya bertekad mempertahankan gelar juara beregu yang keenam kalinya pada Kejurnas di Solo. Ia mengimbau para atletnya agar jangan lengah dan tidak menganggap remeh lawan.(Ant)