• Kamis, 29 September 2022

Simak! Tata Cara Melaksanakan dan Niat Puasa Syawal Lengkap dengan Keutamaannya

- Senin, 2 Mei 2022 | 21:35 WIB
Masjid Hagia Sophia. (Pixabay/kirill-Sobolev)
Masjid Hagia Sophia. (Pixabay/kirill-Sobolev)

WARTA NASIONAL - Setelah bulan Ramadhan dan perayaan Hari Raya Idul Fitri, biasanya dilanjutkan dengan Puasa Syawal. Ibadah Puasa Syawal ini hukumnya sunah.

Pada enam hari setelah Hari Raya Idul Fitri, umat islam dianjurkan untuk melakukan Puasa Syawal, yaitu tepat pada tanggal 2 hingga 7 Syawal.

Meski tidak wajib seperti puasa Ramadan, namun Puasa Syawal dapat dijadikan sebagai penyempurna puasa Ramadan yang sudah ditunaikan sebulan penuh.

Baca Juga: Download Lagu MP3 Gratis Tanpa Ribet Mudah dan Cepat dan Legal, Bukan MP3 Juice atau YTMP3

Keutamaan Puasa Syawal dianggap seperti puasa setahun penuh dan memperoleh pahala yang didapat berlipat-lipat ganda.

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR. Muslim no. 1164).

Adapun waktu pelaksanaan Puasa Syawal lebih dianjurkan enam hari berturut-turut, namun jika diseling-seling pun tetap sah asal masih di bulan Syawal.

Ada beberapa keutamaan jika melaksanakan Puasa Syawal. Keutamaan yang pertama ialah puasa sunah Syawal sebagai penyempurna puasa Ramadhan.

Kemudian, keutamaan Puasa Syawal lainnya adalah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Seseorang yang mengerjakan ibadah sunnah ini selama enam hari setelah hari raya maka pahala yang diterima akan dilipat gandakan.

Halaman:

Editor: Siswanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X