• Senin, 15 Agustus 2022

12 Amalan Sunnah Bulan Muharram, Dari Puasa hingga Ziarah

- Jumat, 29 Juli 2022 | 09:45 WIB
12 Amalan Bulan Muharram Sesuai Sunah, Puasa hingga Sedekah. (Pixelbay)
12 Amalan Bulan Muharram Sesuai Sunah, Puasa hingga Sedekah. (Pixelbay)

WARTA NASIONAL - Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1444 Hijriyah tinggal menghitung jam saja. Banyak amalan yang bisa dilakukan sesuai dengan sunnah, dari mulai puasa sampai ziarah kubur.

Ada 12 amalan bulan Muharram sesuai sunnah yang bisa dilakukan, seperti di sampaikan Syekh Abdul Hamid dalam sebuah nadham.

فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ

Artinya: "Ada sepuluh amalan di dalam bulan Asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Puasalah, sholatlah, sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit, dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, membaca surah Al-Ikhlas 1.000 kali."

Amalan tersebut bisa dilakukan sejak memasuki 1 Muharram 1444 Hijriah atau Tahun Baru Islam 2022 yang jatuh pada 30 Juli 2022.

Baca Juga: Makna dan Tradisi Malam Satu Suro bagi Masyarakat Jawa

Amalan Sunnah Bulan Muharram

Dikutip wartanasional.com dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU), berikut 12 amalan bulan Muharram sesuai sunnah.

1. Menunaikan sholat
Menunaikan sholat terdiri atas sholat yang wajib maupun memperbanyak sholat sunnah.

Halaman:

Editor: Siswanto

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X