• Jumat, 2 Desember 2022

Jatuh Pada Tanggal Berapakah Rebo Wekasan dan Ini Pandangan Islam dan Ulama Terkait Tradisi Tolak Bala

- Rabu, 21 September 2022 | 13:03 WIB
Jatuh Pada Tanggal Berapakah Rebo Wekasan dan Ini Pandangan Islam dan Ulama Terkait Tradisi Tolak Bala (Instagram/@alhikmah1_ibm)
Jatuh Pada Tanggal Berapakah Rebo Wekasan dan Ini Pandangan Islam dan Ulama Terkait Tradisi Tolak Bala (Instagram/@alhikmah1_ibm)

 

 

WARTA NASIONAL - Menurut sejumlah umat muslim di Indonesia khususnya wilayah Jawa yang masih melestarikan tradisi Rebo Wekasan untuk menolak bala.

Hari yang disebut dengan malapetaka dan bencana. Menurut cerita hari Rebo Wekasan ini adalah hari yang paling terberat sepanjang tahun.

Pengertian Rebo wekasan menurut Islam dan ulama adalah Rebo Wekasan safar 1444 H yang diketahui jatuh pada tanggal 21 September 2022, nama hari rabu terakhir di bulan sapar pada kalender Jawa.

Baca Juga: Jadwal Acara MOJI TV (O Channel), Rabu 21 September 2022: Ada Volleyball Nations League Brasil vs Polandia

Biasanya masyarakat melakukan beberapa acara atau ritual keagamaan pada Hari Rebo Wekasan selama beberapa hari ini antara lain dengan mengadakan acara tahlilan, berbagi makanan baik dalam bentuk gunungan maupun selametan, sholat tolak bala, berdoa dengan hajat khusus sampai salat sunah lidaf"il bala bersama agar kita selalu dalam keselamatan.

Pada Rabu Wekasan ini banyak masyarakat yang menyakini bahwa pada hari tersebut dihubungkan dengan malapetaka dan bencana.

Oleh karena itu pada hari tersebut masyarakat banyak yang percaya dan melakukan sebuah amalan atau ritual keagamaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Halaman:

Editor: Intan Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X