BERBAGI
KKN UIN Walisongo Semarang Turut Andil dalam Posyandu Balita di Desa Gondoriyo/ Shifana Shinta Maharani/Kelompok 71 KKN MIT 11 UIN Walisongo

SEMARANG, Warta Nasional – Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu (POSYANDU) merupakan kegiatan sosial di bidang kesehatan. Posyandu yang merupakan program upaya kesehatan masyarakat berbasis masyarakat (UKBM) ini melayani ibu hamil, balita, dan imunisasi untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak.

Kali ini Kelompok 71 KKN UIN Walisongo Semarang ikut membantu pelaksanaan posyandu balita yang diadakan di Desa Kalikangkung, Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan pada Senin, 15 Februari 2021. Kegiatan posyandu ini bermaksud agar sistem imun dan daya tahan tubuh anak di kala pandemi semakin kuat dan terlidungi.

Pelaksanaan Posyandu dimulai dari jam 08.00 WIB yang dihadiri oleh bidan desa, kader posyandu, mahasiswa Kelompok 71 KKN UIN Walisongo, serta ibu-ibu yang mempunyai anak usia 0-5 tahun.

Dilaksanakan di salah satu rumah warga di Desa Kalikangkung, Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan. Bayi dan balita yang ikut menjadi peserta pada pelaksanaan kegiatan Posyandu ini ada sekitar 30 bayi dan balita.

Kegiatan posyandu ini juga tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer sebelum memasuki tempat posyandu bagi ibu maupun balitanya. Tentunya hal ini didukung dengan digunakannya sarung tangan agar tidak bersentuhan langsung yang diterapkan oleh kader kesehatan termasuk mahasiswa Kelompok 71 KKN UIN Walisongo.

Setelah itu ibu dan balitanya melakukan pengecekan suhu tubuh oleh kader kesehatan. Dalam pelaksanaan kegiatan posyandu ini juga dilakukan pengawasan ketat semua pihak dalam penerapan penggunaan masker.

Kegiatan yang dilakukan seperti penimbangan berat badan, tinggi badan, cek kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui tingkat stanting anak di Desa Kalikangkung.

Tak hanya mahasiswa Kelompok 71 KKN UIN Walisongo tentunya kegiatan posyandu ini diawasi ketat oleh Bidan Desa yang bertugas, ibu Kartini. S.Gz. yang juga didampingi beberapa kader dari desa Gondoriyo tersebut.

Adanya kehadiran mahasiswa Kelompok 71 KKN UIN Walisongo Semarang memberikan suasana baru di kegiatan posyandu ini.

“Kehadiran mahasiswa KKN disini cukup membantu para kader yang juga bertugas. Mulai dari pendaftaran, pegukuran berat badan, tinggi badan, pembagian vitamin, dan juga tetap mematuhi protokol kesehatan.” Ujar Kartini S. Gz. selaku bidan desa.

Tak lupa pembagian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) seperti kacang hijau dan pisang juga dibagikan ke ibu dan anak yang telah melakukan posyandu.

“Diadakannya posyandu ini, agar imun yang ada di anak-anak makin meningkat dan tidak rendah, kita juga berharap anak-anak dalam keadaan sehat. Walaupun acara sedikit terkendala oleh hujan, tetapi acara tetaperjalan dengan lanacar.” Ujar salah satu mahasiswa Kelompok 71 KKN UIN Walisongo, Nadaa Masithah.

“Dan kita dari mahasiswa KKN juga ada pembagian masker secara gratis untuk ibu-ibu yang menemani anaknya yang mengikuti acara posyandu ini” lanjutnya.

Dibagikannya masker secara gratis kepada ibu-ibu yang mengikuti kegiatan posyandu tersebut agar ibu yang mendampingi anaknya juga mematuhi protokol kesehetan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah.

Kegiatan Posyandu juga terlaksana dengan kondusif, antusiasme bayi dan balita dapat terlihat dari senyum serta tawa mereka, yang menunjukan bahwa mereka mengikuti kegiatan posyandu dengan baik dan dengan hati yang senang.(WN)