BERBAGI
Kopnuspos Prioritas Buka di Semarang, Layani Kredit Pensiun PNS TNI Polri Sampai Usia 83 Tahun
Kopnuspos Prioritas Buka di Semarang, Layani Kredit Pensiun PNS TNI Polri Sampai Usia 83 Tahun/Ambar Adi Winarso-Warta Nasional

SEMARANG, Warta Nasional – Kopnuspos Prioritas membuka kantor cabang ke 16 di Kota Semarang, pembukaan cabang pada Selasa 8 Juni 2021.

Kopnuspos Prioritas ada di Jalan Sayidan Ruko 1 A-B Pandansri Semarang, punya produk utama kredit pensiun bagi PNS TNI Polri.

Kopnuspos merupakan kolaborasi antara Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nusantara (Kopnus) dengan PT Pos Indonesia untuk mengelola dana pihak ketiga melalui layanan simpan pinjam.

Produk layanan berupa funding (simpanan) dan lending (pinjaman) yang banyak manfaatkannya dibandingkan dengan koperasi lainnya.

Layani Kredit Pensiun Usia 83 Tahun

Salah satu produk layanan pinjaman yang utama adalah memberikan akses kemudahan kredit pensiun bagi para pensiunan PNS TNI Polri sampai usia 83 tahun.

“Kredit pensiun Kopnuspos memiliki keunggulan yang perbankan tidak berani bermain, dimana kredit pensiun Kopnuspos bisa memberikan kredit sampai usia 83 tahun,” kata Sandy Indrawan, Kepala Wilayah Jateng dan DIY Kopnuspos Prioritas.

Sandy menjelaskan, jika masih banyak potensi dari para pensiunan untuk mendapat kredit pensiun di usia sampai 83 tahun.

Menurut dia, pada umumnya jika perbankan hanya menerma kredit pensiun rata-rata pada usia 70 tahun sedangkan di koperasi lainyannya rata-rata sampai usia 75 tahun.

“Ternyata kita melihat potensi usia pensiunan 75-83 tahun, jadi kita membuka kredit ketika dia menginjak usia 78 tahun itu bisa mengambil kredit lima sampai delapan tahun,” jelas Sandy.

Layanan kredit pensiun Kopnuspos akan sangat membantu bagi para pensiunan PNS TNI Polri di hari tuanya untuk tetap produktif.

Meski layanan berupa kredit konsumtif, Kopnuspos tetap mengarahkan kepada mereka untuk hal produkif semisal untuk membuka usaha.

“Karena keinginan pensiunan masih bekerja masih ada maka kami memberikan pinjaman kredit pensiun. Ini sangat membantu mereka tetap produktif,” katanya.

Jaring Anggota dan Cara Daftar

Untuk sementara, Kantor Cabang Kopnuspos Semarang hanya masih melayani untuk layanan kredit pensiun  bagi pensiunan PNS TNI Polri.

Pertimbangannya, dari segi kepastian pengembalian kredit lebih terjamin karena para pensiunan PNS TNI Polri masih jadi tanggungan negara.

Namun kedepannya akan beroperasi melayani semua lapisan masyarakat baik menjadi anggota Kopnuspos maupun melayani sebagai nasabah simpanan dan pinjaman.

“Kami ingin dikenal masyarakat Semarang dulu, jadi saat ini fokus menjaring anggota Kopnuspos dan melayani kredit pensiun bagi pensiunan PNS TNI Polri,” katanya.

Untuk menjadi anggota Kopnuspos atau nasabah terbuka bagi masyarakat umum, cukup dengan mengunduh aplikasi Kopnuspos di Google Plyastore dan Android.

Lalu mengikuti petunjuk register pendaftaran dengan melampirkan foto dan fotokopi KTP, dan menyetor simpanan wajib Rp 50 ribu dan simpanan pokok Rp 5 ribu.

Bagi pensiunan yang ingin mengajukan kredit bisa melengkapi persyaratan dokumen seperti asli SK pensiun, kartu identitas pensiun, fotokopi KTP suami/istri, surat nikah, kartu keluarga dan NPWP.

“Bebas biaya administrasi, ada provisi 3 persen dari plafon serta asuransi jiwa sehingga tidak menanggung hutang jika meninggal dunia,” katanya.

Untuk simpanan berjangka Kopnuspos juga cukup menarik, karena memiliki tingkat imbal jasa yang bersaing dengan koperasi dan perbankan lainnya.

Untuk simpanan berjangka mulai dari 1 bulan dengan imbal jasa 7,5 persen sampai jangka waktu 24 bulan dengan imbal jasa 9,5 persen.

Mudahkan Pensiunan Punya Kredit dan Simpanan

Sementara itu, Deputi Jaringan dan Layanan Keungan Regional Jateng DIY PT Pos Indonesia, Agung Purwanto mengapresiasi join operation Kopnuspos Semarang.

Hal tersebut akan meningkatkan dan menjangkau layanan pemberian kredit pinjaman kepada para pensiunan PNS TNI Polri.

“Ada 60 ribuan pensiunan belum punya pinjaman, itu target kami, agar punya pinjaman sehingga lebih mudah kembali produktif,” katanya.

Selain itu, dengan ikutnya pensiunan memiliki pinjaman kredit pensiun Kopnuspos maka secara otomatis juga menjadi anggota Kopnuspos.

“Jadi mereka tetap bisa mendapat bagi hasil melalui simpanan anggota, mereka juga bisa memlih simpanan berjangka yang tersedia,” katanya.  ***

Editor: Ambar Adi Winarso