BERBAGI
Antusiasme warga dalam acara sedekah bumi (Foto: Ist)

TEGAL, Warta Nasional – Tim KKN UIN Walisongo Semarang ikuti acara adat ritual sedekah bumi bersama masyarakat Desa Sidapurna, Dukuhturi, Tegal, Minggu (11/10).

“Kita mengadakan ritual sedekah bumi bersama pemerintah desa dan masyarakat untuk mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat sesuai dengan Tridharma, sekaligus melestarikan tradisi masyarakat setempat sebagai wujud rasa syukur atas hasil bumi,” ungkap koordinator KKN UIN Walisongo Posko 112, Muhammad Misbahuddin.

Meskipun Desa Sidapurna telah berkembang menjadi desa maju, lanjut Misbah, masyarakat tidak melupakan adat istiadat yang sudah turun temurun.

“Kali ini sedikit berbeda, karena ditengah pandemi covid-19 yang masih melanda,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidapurna, Drs Faizin memaparkan runtutan acara yang dimulai dengan Sowan Petilasan Mbah Soempurna pada malam minggu.

“Kemudian, paginya dilanjutkan tahlilan dan penguburan kepala kerbau di pemakaman sentana wangan tengah sidapurna,” tuturnya.

Dalam acara sedekah bumi masyarakat menyumbangkan dana untuk membuat gunungan dan membuat nasi bogana, gunungan berisi hasil bumi berupa sayur-mayur dan buah-buahan, serta nasi bogana yang berisi ayam didalamnya menjadi penutup acara ritual sedekah bumi.

Terkait kondisi pandemi, acara ini dibuat lebih sederhana tidak seperti tahun sebelumnya yang selalui mendatangkan dalang wayang golek. Hal tersebut agar tidak menimbulkan kerumunan massa. (WN)

Editor: Dian Nafiatul