BERBAGI
Mahasiswa KKN DR 75 Uin Walisongo Semarang Ikut Membantu Penyaluran Bantuan Sosial Pangan (BSP) di Desa Triguno

PATI, Warta Nasional – Sejak Pandemi Covid 19 melanda Indonesia, semua sektor yang ada dalam kehidupan ikut merasakan imbasnya. Salah satunya sektor ekonomi. Oleh sebab  itu Pemerintah mensiasatinya dengan mengadakan Program Bantuan yang diberikan kepada masyarakat setiap bulannya baik berupa bantuan sembako (BSP) atau berupa uang tunai ( BLT).

Di desa Triguno kecamatan Pucakwangi Kab. Pati pelaksanaan penyaluran bantuan sosial pangan (BSP)  periode bulan Oktober dilaksanakan pada hari Senin, 19 Oktober 2020 bertempat di Aula Balai Desa Triguno  Kec. pucakwangi Kabupaten Pati . Dalam kegiatan tersebut banyak pihak yang ikut  terlibat diantaranya yaitu  para aparatur desa, para relawan yang ikut membantu jalannya kegiatan tersebut. Nurul Fitria salah satu Mahasiswa Uin Walisongo Semarang juga ikut serta mengambil bagian untuk membantu jalannya kegiatan penyaluran bantuan Sosual Pangan (BSP) kepada masyarakat.

“Awalnya saya tidak tahu jika dibalai desa sedang ada kegiatan penyaluran BSP, kebetulan saya sedang ada kegiatan Kelas Balita di puskesmas bersama dengan bidan dan melihat keramaian, kemudian saya bertanya dengan salah satu warga yang ada dibalai desa dan mereka mengatakan kalau sedang ada kegiatan penyaluran bantuan BSP, kemudian saat itu timbul keinginan dalam diri saya untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut sebagai bentuk kontribusi serta pengabdian yang bisa saya berikan kepada masyarakat selama saya menjalankan KKN di Desa saya” ungkap Fitri

Salah satu aparat desa Bapak Paimin yang ada disana mengatakan bahwa kegiatan penyaluran bantuan BSP ini rutin dilakukan sejak adanya pandemi, bantuan yang diberikan berupa sembako yang terdiri dari Beras, telur, kentang, tempe, ikan serta sembako lainnya. Proses pengambilan bantuan ini yaitu warga yang namanya masuk dalam penerima bantuan harus membawa kartu yang khusus digunakan agar bisa mencairkan bantuan tersebut. Pak paimin juga mengapresiasi dengan keikutsertaan salah satu mahasiswa Uin Walisongo yang sedang melaksanakan KKN dalam kegiatan tersebut.

” kegiatan penyaluran ini rutin dilakukan setiap bulan jika dari pemerintah pusat bantuan sudah turun maka kami dari pihak aparatur desa akan segera menginformasikan kepada seluruh masyarakat untuk datang mengambil bantuan yang mereka dapatkan. Untuk bantuan BSP berupa sembako yang terdiri dari beras, telur, kentang, ikan serta sembako lainnya. Saya juga sangat berterima kasih serta mengapresiasi kepada mbak Fitri yang sudah mau meluangkan waktunya untuk ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan penyaluran bantuan BSP pada hari ini.” Ujar Pak Paimin

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah supaya warga bisa tetap terjamin kesejateraannya dikala pandemi yang sampai saat ini belum mereda juga. Dan diharapan dengan adanya bantuan dalam bentuk sembako ini, setidaknya bisa meringankan beban para warga yang saat ini mengalami dampak dari adanya pandemi covid-19 ini. (WN)