BERBAGI

MAHASISWA KKN RDR 75 UIN WALISONGO ADAKAN SOSIALISASI DONOR DARAH DI DESA DERMASUCI TEGAL

SEMARANG, Warta Nasional – Sebanyak 15 mahasiswa KKN RDR 75 UIN Walisongo Semarang adakan sosialisasi donor darah di desa Dermasuci, kecamatan Pangkah, kabupaten Tegal. Tidak seperti beberapa wilayah di Kabupaten Tegal lainnya, Dermasuci belum secara rutin mengadakan kegiatan donor darah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Tegal.

Mahasiswa UIN Walisongo Arumaisyah Salsabielah mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah awal sebelum diadakannya kegiatan donor darah di desa tersebut. Sebelumnya, Kelompok 115 KKN RDR 75 telah bertamu ke PMI Kabupaten Tegal untuk mengajukan permohonan melaksanakan kegiatan donor darah di desa Dermasuci.

“Namun dari pihak PMI menyarankan kepada mahasiswa untuk sebaiknya melaksanakan kegiatan sosialisasi dahulu. Hal ini dikarenakan dengan masih masih minimnya pengetahuan masyarakat desa mengenai donor darah dapat mengurangi minat mereka untuk mendonorkan darah,” katanya.

Sosialisasi dilaksanakan sejak tanggal 7–15 Oktober 2020 dengan peserta dari ibu-ibu jamiyah senin-kemisan, sampai dengan remaja IPNU dan IPPNU Dermasuci. Diharapkan setelah adanya kegiatan sosialisasi, pengetahuan dan minat masyarakat Dermasuci mengenai donor darah akan terus meningkat dan dapat ditindaklanjuti kegiatan rutin donor darah bersama PMI di desa yang terletak di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal ini. (WN)

Pewarta : Arumaisyah Salsabielah