BERBAGI
Petugas Kesehatan Puskesmas Ds. Kaladawa menjadi pembicara di sosialisasi Online di Ds. Cangkring, Kec.Talang, Kab. Tegal.yang diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 113

TEGAL, Warta Nasional – Petugas Kesehatan Puskesmas Desa Kaladawa menghadiri sosialisasi online yang diselenggarakan oleh Peserta KKN 75 Posko 113 UIN Walisongo semarang, dengan menggugus tema “Membangun Mental Di Era New Normal”, Senin (12/10).

Dokter Puskesmas Kaladawa Edy Saefudin Mengatakan, penyebaran virus di dalam tubuh kita akan terhalang dengan entitas imun yang tinggi, adapun untuk meningkatkan imun dalam tubuh diperlukan jiwa dan mental yang kuat.

“Bahkan virus Influenza biasa, dapat membuat kondisi tubuh sangat lemah jika mental yang dimiliki oleh orang tersebut tidaklah sehat”ungkapnya.

Menurutnya, Mentalitas masyarakat, pada umumnya mengalami gangguan akibat pandemik Virus Covid-19 yang mulai melanda di indonesia sejak bulan april lalu, tentunya hal ini akan berakibat buruk pada semua sektor kehidupan masyarakat khususnya bidang ekonomi.

Dinas Kesehatan Puskesmas Kaladawa Moh. Sofani menambahkan, Kondisi mental individu yang kuat akan meningkatkan imun tubuh dalam melawan virus yang menyerang. Dengan kondisi itu memungkinkan pemerintah untuk bergerak lebih jauh menindak lanjuti diluar bidang kesehatan yang terganggu oleh pandemik.

“Meskipun Mental indentik dengan kesehatan, namun dampak dari kesehatan mental berpengaruh besar dalam segi pembangunan yang kini terhambat oleh pendemik yang melanda. Bagaimana mungkin meningkatkan kesejahteraan masyarakat di semua bidang jika kondisi invidu masyarakat masih terganggu?” ujarnya.

Sementara itu, penyuluh kesehatan masyarakat Kaladawa, Afri Mughni Sofiyati Mengajak mahasisiswa Peserta KKN untuk ikut aktif mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang menjaga mental di tengah pandemik. covid-19.

“Saya melihat adanya potensi positif dari mahasiswa dalam upaya pencegahan virus covid-19 yang melanda. Menengok masyarakat yang kini semakin terganggu mentalnya akibat keterbatasan gerak maupun kinerjanya di masa pandemik, di butuhkan suatu upaya dari mahasiswa untuk mencegahan hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi,”pungkasnya. (WN)

Pewarta :  Tim KKN

Editor : Hanifah