Mahasiswa UIN Ajak Santri dan Pelajar Diskusi Ilmiah Secara Virtual

SEMARANG, Warta Nasional – Mahasiswa KKN UIN Walisongo mengajak para santri dan pelajar dalam forum diskusi yang diadakan  secara virtual pada Rabu (14/10/20). Diskusi yang bertemakan  penanaman sikap moderat terhadap generasi millenial, diangkat sebagai wadah pengetahuan pada generasi masa kini yang sibuk dengan social media tanpa ada batas dan ruang.

Gambaran sosial media yang mengundang keributan dan permusuhan telah meresahkan masyarakat dan negara di tengah kondisi politik yang ramai dengan problematika. Dalam diskusi ini, Mahasiswa UIN Walisongo yang tergabung dalam posko KKN 61 mengajak serta para generasi untuk lebih prihatin dengan kondisi negeri di tengah pandemi.

Nuriyatul Khoirunnisa’ selaku ketua panitia mengungkapkan, bahwa diskusi ini bedampak positif bagi generasi masa kini yang menutup mata terkait keterpurukan negara di tengah isu perpecahan.

“Tema yang dibahas akan menjadi pembelajaran bagi generasi Indonesia untuk selalu menghargai perbedaan  serta menjaga diri dari pertikaian yang merugikan bangsa”. Ujarnya.

Narasumber dalam forum diskusi ini merupakan seorang senior Mahasiswa UIN Walisongo yang memilki banyak karya tulis dan penelitian, terkait keamanan negara dari faham-faham dan ideologi baru, yang menyebabkan disintegrasi bangsa. Moderat, tema yang diambil dari asas nilai pancasila, dan menjadi simbol kerukunan dalam perbedaan, akan membuka pandangan generasi untuk berfikir maju tanpa saling beradu dan mendebat sesuatu, yang mengundang permusuhan.

Nasikhin seorang mahasiswa UIN Walisongo yang terjun dalam dunia karya tulis ilmiah, mengungkapkan bahwa moderat adalah nilai dasar pancasila yang harus tercermin pada setiap generasi, agar mereka mengetahui betapa pentingnya menjaga bangsa ini dari pengaruh negatif.

“Maraknya aksi yang diselubungi kepentingan pribadi akan membuka celah terjadinya pertikaian karena perbedaan pandangan. Diskusi online yang dihadiri oleh para santri dan pelajar dari berbagai daerah akan mendapat respon posistif dari berbagai kalangan terutama akademisi,” katanya.

Rochana Asri sebagai narasumber mengatakan, memiliki keahlian dan berpengalaman dalam bidang informatika, sehingga penyampaian bahasa dalam diskusi dapat dibuat menarik untuk menyemangati para generasi masa kini. Materi diskusi yang dipaparkan narasumber berawal dari pengalamanya sebagai seorang santri menjadi daya tarik mereka para pendengar.

Ditambahkan, Rochana Asri mengungkapkan pandangan terkait sikap moderat sebagai  dasar kerukunan akan membuat hidup menjadi lebih nyaman.

“Dia juga berkata bahwa dimasa sulit kita harus bijak dalam berfikir serta tidak menjadi egois pada suatu keadaan yang menguntungkan pribadi saja,” imbuhnya.

Sementara itu, Dosen UIN Walisongo, Nor Hadi mengungkapkan, bahwa mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, serta berharap respon positif dari mereka yang mengikutinya.

“Tingkatkanlah peran kalian sebagai mahasiswa yang peduli terhadap bangsa dan Negarannya, serta kembangkan kegiatan yang bermanfaat bagi umat,” pungkas DPL Kelompok 61 KKN UIN Walisongo itu.

Pewarta : Shifa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *