Mahasiswa UIN Donasikan Papan Tulis untuk TPA Al Baroqah Wonoplumbon

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang, Andi Muhamad Yusuf berikan bantuan Papan Tulis

SEMARANG, Warta Nasional – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler dari Rumah (RDR) UIN Walisongo Semarang, Andi Muhamad Yusuf melakukan prosesi serah terima papan tulis kepada pengurus dan siswa siswi Taman Pembelajaran Al Quran (TPA) Al Baroqah Wonoplumbon Mijen Kota Semarang. Serah terima papan tulis dilaksanakan pukul 18. 50 WIB.

Ibu Siti Kholifah selaku pengurus TPA mengatakan, pengadaan papan tulis didasari oleh pentinganya papan tulis dalam proses pembelajaran. Papan tulis dalam proses pembalajaran digunakan sebagai penunjang dalam proses belajar mengajar . Papan tulis dalam pembalajaran termasuk kedalam sarana dan prasarana. Sarana prasarana adalah segala perlengkapan atau fasilitas yang digunakan dalam proses pembelajaran baik bergerak atau tidak yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan.

“ Papan tulis dan alat tulis ini sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran di TPA ini,” kata Ibu Siti saat penyerahan berlangsung.

Serah terima secara simbolis dilaksanakan setelah kegiatan pembelajaran Al Quran selesai dilakukan. Kegiatan diawali dengan pembacaan Asmaul Husna secara bersama- sama yang merupakan kegiatan rutin sebelum proses pembelajaran Al Quran dilakukan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan membaca Al Quran oleh Mahasiawa KKN dan pengurus TPA . Kegitan diakhiri dengan sesi foto bersama dan doa penutup majlis.

Lanjut ibu siti menyampaikan, murid di TPA ini berkisar 50 orang, sehingga diperluhkan alat bantu dalam proses mengajar supaya tidak perluh mengulang penyampaian.

Ibu siti mengatakan, papan tulis didalam proses belajar mengajar di TPA akan digunakan sebagai tempat menulis pokok bahasan, tempat mengerjakan tugas di kelas, dan tempat proyeksi materi pembelajaran. Dengan adanya papan tulis proses pembelajaran akan lebih mudah, sehingga apa yang di informasikan oleh guru dapat ditangkap oleh murid dengan lebih cepat dan tujuan pembalajaran pun akan dapat dengan mudah untuk dicapai.

“ Alhamdulilah, sekarang sudah ada papan tulis, spidol, dan penghapus sehingga tidak kesulitan dalam proses belajar mengajar, yang bagian belakang sudah bisa melihat dengan jelas,  “ ujarnya.

Pengadaan papan tulis ini mendapatkan juga mendapat sambutan baik dari para siswa siswi TPA Al Baroqah Wonoplumbon. Hal ini terlihat saat pertama kali papan tulis datang, para santri terlihat senang dan bahagia. Gio salah satu santri TPA mengatakan, papan tulis ini berguna bagi kami untuk menulis, “ dengan adanya papan ini kami dapat melulis huruf arab dan mengambar kaligrafi dengan bebas, “ ujarnya. (WN)

Pewarta : Andi Muhamad Yusuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *