Masa Pendemi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Lakukan Pendampingan Belajar  Anak di Dusun Tempel

Masa Pendemi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Lakukan Pendampingan Belajar  Anak di Dusun Tempel

SEMARANG, Warta Nasional – Mahasiswa KKN UIN Walisongo melaksanakan pendampingan belajar anak yang diikuti oleh peserta didik dari jenjang TK sampai dengan SD/MI di Dusun Tempel, Jatisari RW 04 Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

“Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin sampai Jumat pada pukul 09.00-10.30 WIB yang bertempat dimusholla Nurul Huda,” kata Enni Rodhiyah di Semarang, Rabu 14 Oktober 2020.

Enny mengatakan, pembelajaran dalam masa pandemi ini, guru memberikan tugas pada peserta didik dengan membiasakan diri belajar materi secara mandiri yang didampingi oleh orang tua. Namun, karena keadaan latar belakang atau kesibukan orangtua masing-masing membuat anak/peserta didik tidak bisa secara maksimal dalam belajar sehingga membutuhkan guru pendamping.

Ketika proses pendampingan belajar oleh mahasiswa KKN berlangsung, anak-anak terlihat begitu antusias. Salah seorang anak yang turut serta dalam pendampingan belajar.

“Senang sekali, bisa diajari oleh kakak KKN, belajarnya jadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan, selain bisa menerapkan ilmu yang telah didapat dibangku perkuliahan, mengajar anak juga bisa melatih mental kalian menjadi seorang guru kelak”, kata Rudi Irawan selaku Sekretaris RW 04.

Rudi mengungkapkan, peserta didik setiap harinya belajar dari rumah menggunakan buku pelajaran dan Latihan soal yang diberikan oleh guru dan peserta didik yang mengikuti pendampingan belajar diharapkan bisa meningkatkan motivasi belajar mereka dan dapat meraih prestasi.

“Dengan adanya pendampingan belajar oleh mahasiswa KKN DR UIN Walisongo juga diharapkan dapat membantu para peserta didik dalam memahami materi pelajaran,” imbuhnya.

Pelaksanaan pendampingan belajar tetap menerapkan protokol kesehatan, anak-anak wajib mengenakan masker dengan benar, rutin menggunakan handsanitizer dan tak lupa mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir setelah pendampingan belajar, serta menjaga jarak (sosial distancing). Adanya penerapan protokol kesehatan dalam pendampingan belajar menjaga anak agar tetap sehat dan terhindar dari Covid.

Pewarta : Enni Rodhiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *