BERBAGI
Membuat Kelas Team, Pembelajaran Sinkron dan Asinkron

Oleh: Maria Ulfa*

Selama masa pandemi Covid-19 ini berlangsung sejak maret 2020, pembelajaran di sekolah secara daring dilaksanakan dengan berbagai cara oleh tenaga pendidik atau guru di tengah penutupan sekolah yang telah berlangsung selama lebih kurang setahun lebih untuk mengantisipasi marak dan bertambahnya penyebaran virus corona.

Begitu juga di SMK Amanah Husada Pemalang juga menerapkan pembelajaran secara daring. Dalam hal ni seorang guru atau pendidik dituntut agar bisa menerapkan perkembangan pembelajaran abad 21, yaitu dengan memanfaatkan teknologi agar pembelajaran bisa tetap berlangsung walaupun dengan pembelajaran jarak jauh.

Berikut adalah langkah-langkah di dalam membuat kelas Teams serta pembelajaran sinkron dan asinkron:

A. Membuat Kelas Teams.
Pembelajaran jarak jauh yang kita pelajari ini adalah PJJ menggunakan Microsoft Teams. Berikut ini adalah tutorial dalam membuat kelas Teams.
1. Membuka Microsoft 365 anda. Dan tampilannya seperti contoh dibawah ini:

 

2. Membuka Fitur Teams seperti tampilan di bawah ini

3. Klik Create/ buat team, tampilannya seperti dibawah ini

4. Pilih Class dan buatlah kelas teams dengan contoh Nama Kelas Team dengan nama“PJJ Tahap II Kelas A (nama pribadi)”tulis diskripsinya (opsional, boleh diisi boleh tidak) tampilannya seperti dibawah ini.

5. Klik Next. Masukan minimal 4 orang darikelas PJJ saudara sebagai murid dan masukan trainer saudara sebagai teacher tampilannya seperti di bawah ini:.

6. Selanjutnya klik Kelas yang bapak ibu buat, klik manage chanel. Klik member. Screen shoot tampilan kelas dan terlihat sdh trainer sebagai teacher dan sudah memasukan murid minimal 4. Tampilannya seperti dibawah ini

B. Pembelajaran sinkron dan asinkron,
Pembelajaran tak langsung bisa dilakukan dalam kelas Microsoft team. Bisa dilakukan pada menu POST. Pada menu guru dan siswa bisa mengirim sapaan dengan teks, stiker, emoji dll dan juga bisamengirim file dalambentuk ppt, word, excel, gambaratau yang lainnya.

7. Membuat contoh pembelajaran asinkron (tidak langsung) di kelas teams yang bapak ibu buat.
Pada menu Post, unggahlah file dalam bentuk word, ppt atau excel, kirimkan juga sapaan dengan teks, image, stiker. Untuk contoh tampilannya seperti di bawah ini

8. Upload file dan folder pada menu File. Kemudian shreenshoot tampilan yang memperlihatkan bapak ibu sudah upload file dan folder. Untuk contoh tampilannya seperti di bawah ini


Pembelajaran Sincron. (Video Confrence)
9. Buatlah Skedul Meeting melalui Kalender. Isikan nama meeting, tanggal dan jam, chanel.Screendhoot tampilan skedul meeting anda tampilannya seperti pada kotak dibawah ini. Jangan lupa klik send / kirim untuk mendapat link meeting.

10. Untuk mendapatkan link meeting klik chanel pada kelas yang bapak ibu seeting pada waktu menskedul meeting akan terlihat kotak biru. Klik titik tiga kanan akan muncul view meeting detail, kemudian klik. Bagian bawah geser sampai menemukan tulisan Join Microsoft Teams Meeting

11. Letakan kursor pada tulisan join Microsoft Team Meeting kemudian klik kanan klik copy link dan pastekandibawahini.

https://teams.microsoft.com/_#/scheduling-form/?eventId=AAMkADQzYzUwYWM0LWUwMzEtNGMyMS1iYjJmLWY3YmI3N2I3MTYwOABGAAAAAABKao2l9nqvRJocQKflBPBFBwCxgabdUVUYQKEzzt_TgEvyAAAAAAENAACxgabdUVUYQKEzzt_TgEvyAAAAABT4AAA%3D&conversationId=19:b943dad78bb14e11b96c25af5f417ab8@thread.tacv2&opener=0&providerType=1&navCtx=channel

12. Link yang ada di nomor 11 terlalu panjang. Pendekanlah link tersebut dengan shotener yang bapak/ibu kuasai, diperbolehkan memakai gg.gg atau s.id atau bitly. Kemudian copy dan pastekan link yang sudah dipendekan pada kotak dibawah ini.
http://gg.gg/QIM-X

*) Guru SMK Amanah Husada Pemalang