BERBAGI
Sofiatun Nisa, mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah, 21, melakukan pengukuran timggi badan balita pada kegiatan posyandu 13 Oktober 2020

TEGAL, Warta Nasional – Dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler dari rumah, mahasiswi UIN Walisongo semarang melakukan pengabdian dilingkungan masyarakat sekitar, salah satunya dengan turut serta dalam kegiatan posyandu yang diadakan di desa Jatisawit kecamatan Bumiayu pada 13 oktober 2020.

Kegiatan posyandu yang dilakukan satu bulan sekali secara bergilir di lingkungan RW ini bertujuan untuk mengecek tumbuh kembang anak usia balita, batita dan ibu hamil dan ibu menyusui.

“Kami kader posyandu sebisa mungkin menerapkan protokol kesehatan seperti 3M dan semua kader juga diwajibkan menggunakan apd dalam pengecekan ibu dan balita” Ika Apriyanti A. Md. Bid. Selaku bidan posyandu mengungkapkan pada wawancara 14 Oktober 2020.

Sri Rejeki selaku ketua RT dusun munggang desa Jatisawit kecamatan Bumiayu juga mengatakan selama pandemi covid 19 berlangsung kegiatan posyandu di dusun setempat tetap berjalan, yang tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan sebisa mungkin menjaga jarak.

“Perbedaan kegiatan posyandu dimasa pandemi seperti sekarang adalah kader harus mengatur jadwal kehadiran yang dibagikan kepada ibu dan balita agar menghindari kerumunan” ujarnya saat diwawancarai pada Rabu, 14 Oktober.

Pemeriksaan ibu dan balita pada posyandu ini meliputi penimbangan, pengukuran tinggi badan dan imunisasi bagi balita juga Pengecekan kandungan bagi ibu hamil.

Sofiatun Nisa Arfianti selaku mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah UIN Walisongo merasa senang bias turut adil dalam kegiatan psyandu di desanya dan mengetahui realita dalam masyarakat secara langsung.

“Saya harus pintar membujuk anak-anak agar tidak menangis, meskipun ada beberapa anak yang rewel saya tetap merasa senang” ujarnya. (WN)