BERBAGI
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, meresmikan Creative Hub Semarang (CHS) di kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (13/3/2021)/Dok/Humas Pemprov Jateng

SEMARANG, Warta Nasional – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, meresmikan Creative Hub Semarang (CHS) di kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu 13 Maret 2021.

Dalam peresmian tersebut, menparekraf di dampingi oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.

Gus Yasin, sapaan akrab Wagub mengatakan, dengan diresmikannya CHS sebagai tempat komunitas pelaku ekonomi beraktivitas, berkreasi, dan berkolaborasi. Lewat aktivitas ini diharapkan pelaku ekonomi bisa menumbuhkan berbagai macam produk kreatif.

Selain sebagai ruang kreasi dan kolaborasi, CHS diharapkan bisa menjadi simpul penghubung ekonomi kreatif dan pariwisata. Dengan melihat produk-produk kreatif yang ditampilkan, diharapkan masyarakat akan tertarik mengenal lebih jauh daerah penghasilnya. Dengan demikian masyarakat akan berwisata ke daerah-daerah di Jawa Tengah.

“Berwisata tidak perlu ke luar negeri, di dalam negeri juga banyak termasuk di Jateng. Di Jawa Tengah memiliki banyak destinasi dan alami. Sehingga perlu dikunjungi,” jelas Gus Yasin.

Peran strategis CHS sebagai simpul penghubung ekonomi kreatif dan pariwisata juga diakui Menparekraf Sandiaga Uno. Ia mengatakan, kreativitas dan pariwisata tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Pariwisata sangat tergantung pada ekonomi kreatif dan kemampuan berkolaborasi dengan organisasi pengusaha Indonesia, salah satunya Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

“Saya titipkan Creative Hub Semarang ini untuk diisi (produk ekonomi kreatif). Jadikan tempat ini bukan hanya (bangunan) fisik, tetapi  betul-betul menghadirkan produk ekonomi kreatif yang berkelas dunia,” pinta Sandiaga.

Menurutnya, melakukan kolaborasi dan inovasi sudah seharusnya dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Hal ini, sebagai adaptasi untuk meningkatkan dan mempercepat pemulihan ekonomi.

“Kita harus mengambil peluang menjadi pemenang dan mencetak juara-juara. Beradaptasi pada masa pandemi, kita bisa menampilkan inovasi dan kolaborasi. Saya melihat kreator-kreator di sini cukup cerah,” tutup Sandiaga.