BERBAGI
Menteri Susi memenuhi undangan Paus Fransiskus di Vatican, Rabu (12/12)/Foto: @susipudjiastuti

LONDON, Warta Nasional – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghadiri audiensi dengan Paus Fransiskus di Aula Paolo Sesto Vatikan, Rabu (12/12), pukul 09.00-11.00 waktu setempat, bersama ribuan umat Katolik dan wisatawan non-Katolik menurut Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Vatikan Wanry Wabang.

Susi menghadiri acara di Vatikan atas undangan Nuncio (Kepala Perwakilan) Tahta Suci Vatikan di Jakarta Monsinyur Piero Pioppo yang disampaikan pada acara Our Ocean Conference di Bali pada 29-30 Oktober.

Dalam acara itu, Susi berkesempatan bersalaman dengan Paus Fransiskus dan menyampaikan ucapan terima kasih atas surat Paus yang dikirimkan pada acara Our Ocean Conference 2018 serta mengundang Paus ke Indonesia.

“Saya mengucapkan terima kasih secara langsung atas dukungan dan komitmen Vatikan yang disampaikan yang disampaikan oleh H.E Archbishop Piero Pioppo…,” demikian antara lain cuitan sang menteri di akun Twitter.

Kepada Susi, Paus menyatakan akan terus mendoakan dan memberikan dukungan bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

Setelah bertemu dengan Paus, Susi melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Vatikan Monsinyur Paul Richard Gallagher di Istana Apostolik Vatikan, antara lain membahas saling pengertian antara Vatikan dan Indonesia mengenai upaya penanggulangan pencurian ikan dan “perbudakan” di sektor perikanan.

Vatikan setuju membantu upaya Indonesia mengangkat isu hak-hak kelautan di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dalam kunjungannya ke Vatikan, Menteri Kelautan dan Perikanan juga mengunjungi Biara Santa Ursula di Roma dan melakukan interaksi informal dengan sejumlah biarawati dan biarawan. (Ant)