BERBAGI
Suasana Webinar Kesehatan bertema Kolaborasi Tenaga Kesehatan Dalam Tata Laksana Pasien Covid-19 pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), di Ruang Rapat Dinas Kominfo, Kamis (19/11/2020). (Foto: Humas Pemprov Jateng)

WONOSOBO, Warta Nasional – Seluruh tenaga kesehatan (nakes) di wilayah Wonosobo diminta untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan masing-masing. Pasalnya, bila jumlah nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah akan mengganggu pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten, dr Muhamad Riyatno, menyampaikan hal tersebut saat membuka acara Webinar Kesehatan bertema, Kolaborasi Tenaga Kesehatan Dalam Tata Laksana Pasien Covid-19 pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), di Ruang Rapat Dinas Kominfo, Kamis (19/11/2020) lalu.

Menurutnya, saat ini ada puluhan nakes di beberapa fasilitas kesehatan yang terkonfirmasi positif Coronavirus Disease (Covid-19), lima di antaranya meninggal dunia.

“Bukan karena egois, namun untuk saat ini setiap tenaga kesehatan harus menjadikan kesehatan dan keselamatan diri sebagai prioritas yang utama, demi kelangsungan pelayanan kesehatan masyarakat,” ujar Riyatno yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Wonosobo.

Ditambahkan, kesehatan para nakes harus menjadi prioritas, terlebih saat ini pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonosobo belum bisa dikendalikan dengan baik.

Kepada seluruh tenaga kesehatan, dr Riyatno juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas peran mereka menghadapi pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonosobo.

“Momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) saat ini mari kita manfaatkan untuk mengoptimalkan sinergi seluruh komponen demi memutus mata rantai penularan Covid-19. Sehingga tema besar yaitu Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat benar-benar bisa kita wujudkan bersama,” tandasnya.

Ketua panitia HKN Kabupaten Wonosobo, Yanverty Ida Listiana, menyebut, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menyadarkan Masyarakat  tentang bahaya dan pencegahan Covid-19, termasuk penyelenggaraan sejumlah kegiatan dalam rangka mengisi peringatan HKN.

“Sejumlah lomba, seperti membuat video pendek tentang pembuatan poster, hingga (pembuatan video) Tik Tok tentang pencegahan Covid-19 dan protokol kesehatan mendapat atensi cukup besar dari masyarakat,” ungkap Ida.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran warga masyarakat untuk turut berpartisipasi secara aktif dalam upaya pencegahan penularan Covid-19, ia mengaku optimistis wabah Covid-19 di Kabupaten Wonosobo dapat segera berakhir. (WN)