Perbedaan Badan Usaha dan Perusahaan Serta Cara Mendirikan Perusahaan

- Sabtu, 16 September 2023 | 09:49 WIB
Ilustrasi perusahaan terbesar di dunia (Pexels)
Ilustrasi perusahaan terbesar di dunia (Pexels)

WARTA NASIONAL - Mungkin banyak orang yang menyangka bahwa badan usaha dan perusahaan merupakan hal yang sama. Meskipun, sama-sama melakukan aktivitas usaha guna mendapatkan keuntungan namun ada beberapa perbedaan badan usaha dan perusahaan.

Tahap Mendirikan Perusahaan

Untuk mendirikan perusahaan ada tahap-tahap yang harus dilakukan, seperti:

1. Mengurus Akta Pendirian

Perusahaan yang anda miliki harus dikenal oleh pihak yang berwenang, sehingga harus ada keterangan yang jelas terkait perusahaan.

Baca Juga: Info Lokasi Samsat Keliling Kabupaten Tegal, Hari Ini Sabtu 16 September 2023: Cek Tiga Lokasi Ini

Caranya adalah dengan membuat akta pendirian, Akta ini biasanya berisi nama perusahaan, jenis usaha, produk apa yang ditawarkan kepada masyarakat, tujuan pendirian usaha, siapa saja yang menjadi pengurus perusahaan, hingga lokasi perusahaan.

2. Mengurus Surat Lokasi Perusahaan

Lokasi perusahaan milik anda harus diketahui dengan jelas. Lokasi usaha pastinya harus bisa dilacak dan nyata, bukan perusahaan fiktif.

Untuk memperoleh surat keterangan lokasi usaha, anda bisa mengurusnya ke RT dan RW setempat, sehingga bisa disahkan oleh pihak kelurahan atau kecamatan.

3. Mengurus Perpajakan

Para pemilik usaha juga wajib mendaftarkan usaha miliknya menjadi wajib pajak. Memang tidak semua usaha diharuskan untuk menjadi wajib pajak, seperti usaha kecil (mikro).

Namun, untuk UMKM, usaha menengah, dan besar wajib membayar pajak jika penghasilannya mencapai angka tertentu.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bagi pelaku usaha yang menjadi wajib pajak. Misalnya, anda akan memperoleh bantuan berupa pinjaman usaha dari pemerintah selama pembayaran pajak dilakukan secara teratur.

 4. Mengurus Surat Izin Usaha

Halaman:

Editor: Intan Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X